4 Negara Terbaik untuk Menikmati Masa Tua

Ilustrasi lansia.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Setiap orang tidak bisa memilih tempat dimana dia akan dilahirkan, tetapi orang bisa memilih tempat dimana dia akan menghabiskan masa tuanya. Banyak negara terbaik untuk menghabiskan masa pensiun tentunya memperhatikan faktor fasilitas kesehatan, lingkungan hingga biaya hidup.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Natixis sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan kekayaan, merilis laporan berisi daftar negara-negara terbaik untuk menghabiskan masa tua berdasarkan Global Retirement Index atau GRI.

Indikator yang menjadi penilaiannya bagaimana negara tersebut mengelola fasilitas kesehatan, kualitas hidup, kesejahteraan materi hingga keuangan untuk masa pensiun, berikut negara-negara terbaik yang bisa untuk dinikmati di masa tua, Melansir Goodstats, Kamis, 14 Maret 2024.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

1. Norwegia

Norwegia

Photo :
  • Businessinsider.com
5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Norwegia menduduki tingkat pertama pada Global Retirement Index atau GRI, sebagai negara terbaik untuk menghabiskan masa tua. Berdasarkan Natixis, negara Skandavia ini memperoleh skor  83 persen di tahun 2023.

Faktor yang mempengaruhi peringkat negara ini yaitu tingginya skor untuk indikator bidang kesehatan dan kesejahteraan materi. Di tahun 2023, Norwegia mendapatkan skor 92 persen untuk sub indeks kesehatan.

Sementara untuk kesejahteraan materi, pada tahun 2022 negara ini memiliki skor di angka 79 persen dan pada tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar 84 persen. Hal ini menunjukan bahwa negara ini terus memperbaiki kualitas kesejahteraan masyarakat dari tahun ke tahun.

Kota Zurich, Swiss

Photo :
  • Pixabay

Swiss menduduki tingkat kedua pada Global retirement Index atau GRI, sebagai negara terbaik untuk menghabiskan masa tua. Berdasarkan Natixis, negara ini memperoleh skor 82 persen di tahun 2023.

Negara ini unggul dalam kategori sub indeks finansial. Berdasarkan natixis Swiss menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan ekosistem finansial terbaik untuk masa pensiin.

Meskipun dikenal dengan memiliki standar hidup yang tinggi, tetapi negara ini dengan pajak yang rendah serta tempat yang indah untuk dikunjungi.

Husavik, Islandia Utara.

Photo :
  • www.akmak.user.icpnet.pl

Islandia menduduki peringkat ketiga di tahun 2023, anggota dari warga Nordik ini mendapatkan skor 81 persen. Faktor yang mempengaruhi peringkat negara ini yaitu bagus dalam kategori kesejahteraan materi, kesehatan dan kualitas hidup.

Dalam kategori kesejahteraan, negara ini menduduki posisi ketiga dengan skor 83 persen pada tahun 2023. Pada kategori kesehatan menduduki posisi keempat dengan skor 88 persen, kategori kualitas hidup dengan skor 87 persen bersaing dengan negara-negara nurdik lainnya.

Kota Cork, Irlandia

Photo :
  • Pixabay

Irlandia menduduki posisi keempat dengan skor GRI 2023 sebesar 80 persen. Harapan hiduo dalam negara ini 83 tahun. Negara ini cukup bagus dalam menangani masalah keuangan pensiun di negaranya. Fakta ini terukur dalam sub indeks finance in retirement dimana Irlandia berhasil menduduki posisis keenam dengan skor 73 persen pada tahun 2023.

Negara ini juga dikenal dengan memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah dan sistem perawatan kesehatan pemerintah yang murah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya