Oposisi Rusia Sebut Putin Tidak Becus Tangani Keamanan di Moskow saat Serangan Teror

Tim SWAT diturunkan saat kejadian terorisme di Moskow
Sumber :
  • AP News

Moskow – Pihak oposisi Rusia mengecam ingkarnya janji keamanan yang digaungkan Presiden Vladimir Putin, setelah serangan gedung konser di Moskow. Dia mengatakan bahwa badan intelijen negara tersebut terlalu fokus memburu pengkritik Kremlin dibandingkan ancaman nyata.

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Banyak pertanyaan yang bermunculan mengenai bagaimana aparat keamanan yang kuat di negara tersebut tidak mampu menggagalkan serangan paling mematikan di Rusia dalam dua dekade terakhir, bahkan ketika negara-negara Barat mengeluarkan peringatan publik dan swasta hanya dua minggu sebelumnya.

“Yang mencolok adalah ketidakmampuan layanan keamanan kami,” kata Ivan Zhdanov, mantan kepala Yayasan Anti-Korupsi milik mendiang pemimpin oposisi Alexei Navalny.

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Vitaly Smolnikov - Associated Press

Bagi Putin, mantan mata-mata Soviet dan pernah menjadi kepala badan keamanan FSB, tuduhan kegagalan intelijen bisa menyakitkan.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Saat Putin berkuasa pada akhir tahun 1999, dia menjanjikan keamanan Rusia ketika pemberontak melancarkan serangkaian serangan di tengah perang di Chechnya.

Pada tahun-tahun pertama Putin menjabat sebagai presiden, terjadi aksi militan yang menyerbu sebuah teater di Moskow, menyandera lebih dari 900 orang, dan pengepungan sekolah di Beslan, yang menewaskan lebih dari 300 orang, kebanyakan anak-anak.

Setelah itu, ia mengabaikan kebebasan sipil dan melancarkan tindakan keras terhadap lawan-lawannya, yang ia benarkan dengan alasan perlunya memberantas ancaman teroris.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Photo :
  • Sergei Vedyashkin - Associated Press

“Selama beberapa dekade kami telah diberitahu bahwa pembatasan hak-hak kami diperlukan demi keamanan,” kata Zhdanov dalam sebuah postingan di Telegram pada akhir pekan.

“Tetapi serangan teroris tidak berhenti, dan FSB sibuk dengan segalanya kecuali tanggung jawab langsungnya, membunuh lawan politik mereka, memata-matai warga dan mengadili orang-orang yang menentang perang," tambahnya, dikutip dari The Moscow Times, Senin, 25 Maret 2024.

Ini merupakan serangan paling mematikan di Eropa yang pernah diklaim oleh ISIS, dan Rusia memperkirakan jumlah korban tewas akan terus meningkat.

Setelah kejadian ini, perhatian terfokus pada peringatan yang dikeluarkan Amerika Serikat dua minggu sebelumnya.

Pada 7 Maret, Kedutaan Besar AS di Moskow mengatakan pihaknya memantau laporan bahwa para ekstremis mempunyai rencana dalam waktu dekat untuk menargetkan pertemuan besar di Moskow, termasuk konser.

Berbicara kepada pimpinan FSB Selasa lalu, hanya tiga hari sebelum serangan, Putin menyebut pernyataan tersebut “provokatif” untuk mengintimidasi dan mengacaukan masyarakat Rusia.

Ketika ia memuji upaya anti-terorisme badan tersebut, ia menekankan bahwa upaya paling penting yang dilakukan lembaga tersebut adalah terkait dengan operasi militer khusus, istilah yang digunakan Rusia untuk invasi ke Ukraina, dan memburu kelompok sabotase pro-Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya