Ancaman Militer Korea Utara Mengkhawatirkan! Komandan Angkatan Laut AS Beri Peringatan Keras

VIVA Militer: Rudal balistik militer Korea Utara
Sumber :
  • sky.com

VIVA – Aspirasi militer Democratic People’s Republic of Korea’s (DPRK) atau Republik Rakyat Demokratik Korea telah lama menjadi perhatian internasional. Namun, perkembangan terbaru yang meningkatkan kemampuan strategisnya telah mendorong otoritas AS untuk mengamati dan lebih memperhatikan.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Sementara pusat perhatian sering dituakkan oleh uji coba rudal profil tinggi DPRK, pemeriksaan lebih dekat mengungkapkan pendekatan multicabang, termasuk kendaraan udara tak berawak modern (UAV) dan teknologi lainnya.

Dalam kesaksian baru-baru ini di hadapan Komite Layanan Bersenjata DPR, Laksamana Angkatan Laut John Aquilino, pemimpin pasukan AS di Indo-Pasifik, menyoroti upaya DPRK untuk meningkatkan kecakapan militernya di luar persenjataan konvensional.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

“Apa yang menjadi semakin jelas selama tiga tahun terakhir adalah bahwa Kim Jong Un tidak mau memperlambat pengembangan senjata strategis, bahkan dalam menghadapi sanksi yang terik, untuk memiliki pencegah strategis yang kredibel,” tulis Aquilino dalam kesaksian terakhirnya sebagai Komandan Komando Indo-Pasifik AS (USINDOPACOM), dikutip dari Interesting Engineering, Senin, 25 Maret 2024.

Aquilino menunjuk ke UAV DPRK yang baru-baru ini diluncurkan yang memiliki kemiripan yang mencolok dengan drone Amerika yang canggih, seperti General Atomics MQ-9 Reaper dan Northrop Grumman RQ-4 Global Hawk.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Berbicara kepada Defense News, Joseph Dempsey, seorang rekan peneliti di Institut Internasional untuk Studi Strategis, mencatat bahwa sementara drone Korea Utara mungkin menyerupai rekan-rekan AS mereka, kinerja mereka yang sebenarnya masih belum diketahui.

Menurut Dempsey, kesamaannya bisa saja dalam penampilan, dengan platform DPRK. Dia berkata, “sangat tidak mungkin memberikan tingkat kinerja yang sama dengan sistem AS, terutama dalam hal daya tahan.”Namun demikian, UAV ini menekankan tekad rezim untuk mengimbangi AS.

Maksud strategis dan perilaku eskalasi

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengemudikan tank baru bersama militernya

Photo :
  • KCNA

Menurut kesaksian, DPRK menyamarkan perilaku agresifnya sebagai tanggapan atas tindakan lawannya. Dari mengancam untuk menembak jatuh pesawat pengintai AS yang melanggar wilayah udaranya, hingga meluncurkan rudal balistik antarbenua ke perairan dekat Jepang, tindakan Pyongyang semakin meningkatkan ketegangan.

Selain itu, perkembangan dalam kemampuan pengintaian ruang angkasa dan satelit Korea Utara menunjukkan dimensi lain dari ambisinya. Terlepas dari kemunduran sebelumnya, Korea Utara berhasil meluncurkan satelit pengintai pertamanya pada tahun 2023, hanya beberapa bulan setelah Kim Jong Un bertemu Putin di Rusia. Aquilino percaya bahwa satelit DPRK dapat dibangun dengan bantuan Rusia, sebagai imbalan untuk mendukung perang yang terakhir melawan Ukraina.

Tantangan dan Implikasi

Komandan Indo Pasifik AS Laksamana John C. Aquilino

Photo :
  • AP/Aaron Favila

Pada tahun 2023, panel ahli PBB menemukan DPRK menghindari sanksi yang diberlakukan PBB yang dimaksudkan untuk menekan program nuklirnya. Meskipun ada upaya bersama untuk mengekang aksesnya ke sumber daya, Pyongyang ditemukan mengimpor produk minyak bumi olahan.

Menurut laporan mereka, “setelah memecahkan rekor tingkat pencurian dunia maya pada tahun 2022, diperkirakan mencapai $1,7 miliar, DPRK terus berhasil menargetkan mata uang kripto dunia maya dan pertukaran keuangan lainnya secara global untuk mendukung program pengembangan yang disetujui.”

Aquilino juga membuat pernyataan tentang Republik Rakyat Tiongkok (RRC) dan Federasi Rusia. 

“Bahkan dengan perhatian langsung tertuju pada Ukraina, Doktrin Angkatan Laut Rusia yang diterbitkan pada tahun 2022 memprioritaskan wilayah Pasifik dan Arktik di atas semua yang lain,” catatnya.

Komandan Angkatan Laut AS juga menyoroti bahwa Rusia terus meningkatkan kekuatan pembom strategisnya untuk dapat secara efektif menyerang setiap instalasi AS di Pasifik, Alaska, dan Pantai Barat AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya