Di Balik Hancurnya Hiroshima dan Nagasaki, Ini 5 Fakta 'Bapak Bom Atom' Robert Oppenheimer

Robert Oppenheimer
Sumber :
  • IG: Robert Oppenheimer

Jakarta - Memiliki nama lengkap Julius Robert Oppenheimer, ia merupakan seorang fisikawan asal Amerika Serikat. serta memiliki julukan 'Bapak Bom Atom'.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Seperti diketahui, di balik ledakan bom Hiroshima dan Nagasaki. Robert Oppenheimer ikut terlibat, bagaimana tidak, ia jadi salah satu yang merancang dan menemukan teori mengenai bom atom, maka dari itu, ia dijuluki 'Bapak Bom Atom'.

Selain itu juga, kisah mengenai runtuhnya Hiroshima dan Nagasaki serta dibalik pembuatan bom atom tersebut telah dijadikan film yang berjudul 'Oppenheimer'. Berikut beberapa fakta Robert Oppenheimer, dilansir berbagai sumber:

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

1. Penyuka Sastra dan Seni

Robert Oppenheimer

Photo :
  • IG: Robert Oppenheimer
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Meskipun kecemerlangan Robert Oppenheimer di bidang fisika diakui secara luas, ia juga memiliki kecintaan yang mendalam terhadap sastra dan seni. Aa fasih dalam berbagai bahasa, termasuk Sansekerta dan Jerman. Selain itu juga, ia memiliki pengetahuan yang mengesankan tentang filsafat Timur.

Ketertarikan Robert Oppenheimer terhadap puisi dan persahabatan dekatnya dengan penulis seperti Pablo Neruda menonjolkan sifat beragam dan keingintahuan intelektualnya di luar bidang sains.

2. Merasa Bersalah Atas Bom Hiroshima dan Nagasaki

VIVA Militer: Ledakan Bom Atom Nagasaki dan Hiroshima, Jepang

Photo :
  • History.com

Robert Oppenheimer menghadapi dilema moral yang mendalam mengenai pembuatan dan penggunaan bom atom. Setelah kejadian bom atom yang melanda Hiroshima dan Nagasaki, dia menyatakan penyesalannya dan berjuang melawan implikasi etis dari karyanya.

Perasaan Robert Oppenheimer yang dihantui rasa bersalah mengenai tragedi Hiroshima dan Nagasaki. Dalam pikirannya, ia ditunjukkan dengan permasalah kompleks antara kemajuan ilmu pengetahun dan rasa tanggung jawab yang besar atas apa yang yang terjadi di Jepang.

Seperti diketahui, ledakan bom yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki hampir menewaskan 800.000 ribu jiwa serta paparan radiasi efek dari bom tersebut membuat ratusan ribu warga Jepang mengalami cacat serta penyakit kanker.

3. Robert Oppenheimer Mewarisakn Keilmuannya

Mata pelajaran fisika.

Photo :
  • irvanfanorama.blogspot.com

Pengaruh Robert Oppenheimer mengenai keilmuannya sebagai seorang profesor dan dosen, ia memainkan peran penting dalam membentuk karier banyak fisikawan yang kemudian memberikan kontribusi signifikan.

Dedikasinya dalam mengajar dan membimbing ilmuwan muda sehingga banyak siswanya menjadi tokoh terkemuka di dunia fisika, yang semakin memperkuat pengaruh Robert Oppenheimer terhadap ilmu fisika.

4. Robert Oppenheimer Dijadikan Museum

Setelah meninggalnya Robert Oppenheimer di usia 62 tahun. Pemerintah Amerika Serikat membuatkan musim khususnya di 'Museum Atom Las Vegas. Hal ini bertujuan untuk pengetahun tentang sejarah atom dan dunia ilmu nuklir yang menakjubkan.

Di museum tersbeut, pengunjung dapat mempelajari kisah Robert Oppenheimer mengenai ilmu fisika dan awal terciptanya bom atom.

5. Keluarga Yahudi

Bintang Kuning, yang dipaksakan menjadi identitas Yahudi di masa Perang Dunia II.

Photo :
  • Haaret.com

Robert Oppenheimer berasal dari keluarga Yahudi-Jerman. Pada tahun 1937, ia menggunakan uangnya sendiri untuk meninggalkan Jerman dan pergi ke Amerika Serikat bersama keluarga.

Seperti diketahui, pada tahun tersebut, pimpinan Jerman yaitu Nazi hampir membunuh orang-orang Yahudi yang tinggal di Jerman, maka dari itu Robert Oppenheimer memutuskan pergi ke Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya