5 Negara di Dunia yang Tidak Memiliki Kekuatan Angkatan Militer Darat, Laut, dan Udara. Apa Saja?

VIVA Militer: Dankormar Lantik 504 prajurit baru Marinir
Sumber :
  • Dispen Kormar

VIVA – Secara umum, pertahanan negara dan kepentingannya terhadap ancaman bersenjata dari luar adalah definisi pertahanan militer atau angkatan bersenjata.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dilansir dari laman resmi Federal Register: The Daily Journal of the U.S. Government, departemen pertahanan militer bertanggung jawab untuk menyediakan kekuatan militer yang diperlukan untuk mencegah perang dan melindungi keamanan suatu negara. Angkatan Darat, Angkatan Laut, Korps Marinir, dan Angkatan Udara merupakan bagian penting dari kekuatan ini.

Kim Jong Un bersama dan putrinya memeriksa latihan penerjun udara militer Korut

Photo :
  • KCNA via AP
3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Karena itu, sekitar satu dari dua belas negara di dunia tidak memiliki angkatan darat, laut, atau udara. Namun, negara-negara ini jarang memilih untuk tidak memiliki tentara atau kekuatan militer lainnya. Walaupun sebagian besar dari mereka tidak memiliki hak militer sejak kemerdekaan, ada beberapa yang diliterisasi karena alasan politik, dilansir dari Good Stats pada Senin, 25 Maret 2024.

Ada beberapa alasan mengapa negara-negara memilih untuk tidak memiliki angkatan bersenjata, menurut penelitian yang dilakukan oleh Åland Islands Peace Institute di Finlandia. Salah satunya adalah ukuran wilayah nasional atau jumlah tenaga kerja mereka. Misalnya, negara dengan wilayah yang terlalu tersebar perbatasannya sulit dipertahankan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Sejarah non-militerisasi negara-negara tersebut dan perubahan keamanan di wilayah mereka mungkin merupakan alasan tambahan.

Namun, ini tidak berarti negara-negara tersebut tidak memiliki kemampuan. Sebagian dari mereka bergantung pada perjanjian internasional dengan sekutu yang kuat untuk menjaga kedaulatan dan keamanan mereka.

Berikut 5 negara yang tidak memiliki kekuatan militer; angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara yang dirangkum oleh Insider Monkey : 

Meskipun memiliki lebih dari lima juta orang, Kosta Rika tidak memiliki angkatan laut, laut, atau udara. Kepolisian Nasional adalah lembaga penegak hukum utama di Kosta Rika. Negara ini juga memiliki polisi yang mengawasi jalan dan pasukan yang berkomitmen untuk melindungi wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut.

Kosta Rika memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Amerika Serikat dan secara teratur membantu negara tersebut memerangi perdagangan narkotika dan kejahatan terorganisir. Sebagai anggota Perjanjian Bantuan Timbal Balik Antar-Amerika, negara ini bertanggung jawab untuk melindunginya dalam kasus agresi dari luar.

Negara terpadat kedua di dunia ini tidak memiliki pasukan militer. Pasukan Publik Panama menjaga hukum dan ketertiban di negara tersebut dan terdiri dari sekitar 27.000 petugas keamanan. Kepolisian Nasional Panama memiliki unit anti terorisme dan anti narkotika, serta pasukan khusus untuk respons cepat dan operasi maritim.

Kepolisian Mauritius (MPF) adalah pasukan penegak hukum nasional Mauritius dengan sekitar 12,500 personel keamanan. MPF mencakup unit paramiliter, unit pendukung khusus, dan penjaga pantai nasional. MPF menjalankan kepolisian dan operasi keamanan lainnya di negara tersebut.

Peralatan lama dari Barat juga digunakan oleh lembaga penegak hukum Mauritius, sementara India adalah pemasok utama MPF untuk militer.

4. Kepulauan Solomon

Kepulauan Solomon adalah salah satu negara terbesar dalam hal jumlah penduduk untuk negara yang tidak memiliki angkatan darat, angkatan laut, atau angkatan udara.

Kepolisian Kepulauan Solomon bertanggung jawab atas keamanan internal dan eksternal di negara tersebut. Mereka dilatih secara teratur di Selandia Baru dan Australia. Selama beberapa tahun terakhir, Tiongkok dan Australia juga telah menyediakan kapal patroli untuk membantu operasi patroli maritim.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • philenews.com

Islandia tidak memiliki militer atau angkatan bersenjata reguler. Organisasi penegakan hukum utama di negara ini hanya Polisi Nasional Islandia, Penjaga Pantai Islandia, dan sembilan kepolisian regional.

Karena Islandia adalah anggota NATO, NATO menjamin keamanan dan kedaulatan Islandia dari ancaman besar dan serangan militer dari luar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya