Vietnam dan Korsel Tingkatkan Fasilitas Militer

Keberhasilan uji coba rudal Musudan membuat Kim Jong-un jemawa bisa kalahkan AS.
Sumber :
  • Reuter/KCNA

VIVA.co.id – Diam-diam Vietnam dan Korea Selatan meningkatkan fasilitas persenjataan mereka. Meruncingnya ketegangan soal Laut China Selatan dan uji coba nuklir Korea Utara diperkirakan menjadi alasannya.

Trump Presiden, Campur Tangan AS di Dunia Bisa Menyusut

Perusahaan Lockheed Martin Corp, memperkirakan Vietnam dan Korea saat ini tengah berupaya untuk melawan adanya kegiatan militer negara China dan juga peluncuran rudal oleh Korea Utara. Saat ini, kedua negara tersebut tengah serius membeli pesawat pengintai maritim baru yakni pesawat P-3 dan S-3 dari perusahaan tersebut.

"Vietnam diperkirakan akan meminta data harga dan ketersediaan empat hingga enam unit pesawat tua AS P-3 Orion dalam beberapa bulan ke depan," kata Clay Fearnow, seorang pejabat senior dari perusahaan tersebut seperti dilansir dari laman Reuters, Senin, 6 Juni 2016.

Pasar Saham Asia Pasifik Dibuka Bervariasi

Vietnam, yang berbatasan dengan China, juga merupakan bagian penting dari upaya Presiden AS, Barack Obama untuk menyeimbangkan strategi AS terhadap Asia di tengah kekhawatiran tentang klaim yang dilakukan oleh negara China di Laut China Selatan.

Fearnoe menjelaskan, jika penjualan berlangsung lancar, maka pesawat bekas negara Paman Sam itu akan dimodifikasi dengan sayap, sistem misi dan peralatan perang anti-kapal selam yang baru. Untuk Korea Selatan, kata Fearnow, mereka juga ingin 12 pesawat AS yang telah pensiun pada tahun 2009.

Isu Laut China Selatan Jadi Rebutan Pengaruh AS versus China

"Filipina juga ingin memperluas kemampuan pengawasan maritim, tapi masih mendefinisikan persyaratan," kata Fearnow.

Rapat Dewan Keamanan PBB di Kantor Pusat New York

Menunggu Voting untuk RI Calon Anggota Tidak Tetap DK PBB

Ada 6 negara baru untuk duduk mengisi kursi anggota tak tetap DK PBB.

img_title
VIVA.co.id
8 Juni 2018