India Bebaskan Kaum Hawa Berekspresi Lewat Kain Tradisional

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum, menegaskan bahwa negaranya memberikan kebebasan bagi rakyatnya untuk bisa mengekspresikan diri mereka, termasuk melalui pakaian yang mereka kenakan.

Wanita India Nikahi Dirinya Sendiri Gegara Nonton Serial Netflix

"Di kota besar semua orang bebas untuk mengenakan pakaian apa pun. Salah satu hal terbaik yang ada di India adalah semua hal ada di sana. Anak muda bebas mengenakan pakaian yang mereka mau," kata Lhouvum, di Jakarta, Rabu, 8 Juni 2016.

Ia menjelaskan, tidak ada larangan khusus bagi kaum hawa untuk bepergian dengan pria di malam hari. Bahkan, perempuan bebas untuk bepergian seorang diri kapan pun mereka mau.

5 Pengakuan Wanita India yang Menikahi Dirinya Sendiri

"Kami memiliki pemimpin-pemimpin yang baik yang memberikan keseimbangan untuk masyarakat. Demokrasi di India membuat banyak perbedaan menjadi satu," katanya.

Kendati demikian, Lhouvum mengatakan bahwa kain sari tidak akan pernah terlupakan di India walaupun telah banyak pengaruh dunia luar yang masuk.

Miris, Wanita di India Kian Banyak Jadi Korban Serangan Asam Cuka

Semua perempuan di India akan mengenakan kain sari jika hadir dalam acara-acara besar.

"Perempuan di India saat ini sudah banyak terlibat dan masuk dalam sektor-sektor pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh kaum pria," papar Lhouvum.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya