Tiongkok Bangun Laboratorium Bawah di Laut China Selatan

Kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Negara China, kini berniat dan mempercepat rencana untuk merancang dan membangun sebuah platform dalam laut yang bisa membantu untuk keperluan berburu mineral. Laboratorium bawah laut itu akan dibangun pada kedalaman 3.000 meter bawah permukaan laut di wilayah sengketa Laut China Selatan.

Menko Polhukam: RI Waspadai Konflik di Laut China Selatan, Rivalitas AS-China Kian Rumit

Dilansir dari laman Shanghaiist, Jumat, 10 Juni 2016, Departemen Pendidikan China mempresentasikan proyek mereka, termasuk informasi mengenai laboratorium tersebut. Kendati demikian, tidak disebutkan dengan khusus mengenai lokasi detail pembangunan itu.

Presentasi yang dilakukan negara tirai bambu itu juga menjelaskan bahwa platform bawah laut itu akan digunakan untuk tujuan militer.
 
"Proyek China bertujuan untuk penggunaan sipil, tetapi tidak menutup kemungkinan akan digunakan untuk fungsi militer," kata Xu Liping, peneliti senior untuk urusan Asia Tenggara di Chinese Academy of Social Sciences.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Sebelumnya, surat kabar yang dikelola negara China, The Global Times, mengabarkan bahwa China semakin dekat dengan terwujudnya rencana pembangunan platform tenaga nuklir maritim, yang suatu hari bisa digunakan untuk mendukung proyek-proyek pembangunan di Laut China Selatan.

Sebuah biro pemerintah China juga berencana membangun stasiun pangkalan untuk kapal penyelamat di Kepulauan Spratly, yang disengketakan, mengingat karena China terus mendorong pengembangan infrastruktur sipil dan militer di wilayah perdebatan tersebut. (asp)

Waspada! Indonesia Dikepung 2 Negara Pemilik Rudal Tomahawk Pembawa Malapetaka
VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024