Inggris Hari ini Memilih: Tetap di Uni Eropa atau Tidak?

Brexit.
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir

VIVA.co.id – Hari ini warga Inggris bersiap untuk memberikan suara mereka dalam referendum atau jajak pendapat bersejarah terkait dengan keputusan, apakah negara mereka tetap berada dalam Uni Eropa atau memisahkan diri.

Warga Inggris Kumpulkan Tanda Tangan untuk Referendum Kedua

Tempat pemungutan suara (TPS) dibuka selama pukul 07.00-22.00 waktu setempat. Diperkirakan ada 46.499.537 orang yang berhak untuk mengambil bagian dalam pemungutan suara. Ini merupakan rekor untuk sebuah jajak pendapat di negeri Ratu Elizabeth II itu.

"Haruskah Inggris tetap menjadi anggota Uni Eropa atau meninggalkan Uni Eropa," demikian tertulis pada papan-papan referendum seperti dikutip dari BBC, Kamis, 23 Juni 2016.

Usai Brexit, Sebaiknya Investor Lihat Sisi Positif Ini

Nantinya, sisi mana pun yang mendapat lebih dari setengah suara akan dianggap menang. Setelah pemungutan suara selesai dan ditutup pada 22.00 waktu setempat, kotak suara bersegel akan dikumpulkan dan dikirim ke lokasi perhitungan dari total 382 area perhitungan lokal.

Jumlah tersebut merepresentasikan 380 area pemerintah lokal di Inggris, Skotlandia dan Wales, ditambah Irlandia Utara dan Gibraltar.

Britain Exit, Kemlu: Visa Schengen Tetap Jalan

Masing-masing area individu akan mendeklarasikan hasil perhitungan sepanjang malam bersama dengan hasil dari 11 perhitungan regional.

Komisi Pemilihan memperkirakan hasil final akan didapat pada Jumat, 24 Juni 2016 pukul 10.00 pagi waktu setempat.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya