Angela Merkel 'Ogah Pensiun' Jadi Kanselir Jerman

Kanselir Jerman Angela Merkel.
Sumber :
  • REUTERS/Fabrizio Bensch

VIVA.co.id – Kanselir Jerman Angela Merkel mengukuhkan bahwa ia akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan keempat dalam pemilihan umum tahun depan.

7 Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman, Nomor 7 Bikin Kaget

Ia telah telah menjabat sebagai Kanselir Jerman selama 11 tahun. Penegasan ini yang dikeluarkan pada Minggu, 20 November, sekaligus mengakhiri spekulasi selama berbulan-bulan.

Merkel mengatakan keputusannya untuk maju adalah tantangan berat ketika terjadi polarisasi tajam di dalam masyarakat.

Olaf Scholz Dilantik sebagai Kanselir Jerman Gantikan Angela Merkel

Menurutnya, sejumlah masalah seperti krisis Euro dan pengungsi serta keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa, bakal menjadi ujian ke depan.

"Uni Eropa juga harus mengatasi ketegangan krisis Euro, masalah migran, dan keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa," katanya, seperti dikutip situs BBC, Senin, 21 November 2016.

Jerman Temukan Kasus Pertama COVID-19 Omicron di Berlin

Meski begitu, Merkel mengumbar janji untuk memperjuangkan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan. "Kita menghadapi tantangan. Baik di Eropa dan global terhadap nilai-nilai dan kepentingan kita," tutur dia.

Selama menjabat sebagai Kanselir Jerman, Merkel dianggap sebagai sosok yang berhasil menstabilkan Eropa di tengah ketidakpastian ekonomi.

Namun, keputusannya membuka pintu bagi sekitar satu juta migran pada tahun lalu justru membuat marah banyak pemilih di Jerman.

Kemarahan itu, antara lain, tercermin dalam kekalahan Partai CDU (Christian Democratic Union) - partainya Merkel - dalam pemilihan negara bagian beberapa bulan lalu.

Sementara, Partai Sayap Kanan, Alternatif untuk Jerman (AfD / Alternative fur Deutschland), semakin populer keberadaanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya