7 Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman, Nomor 7 Bikin Kaget

VIVA Militer: Kanselir Jerman, Angela Merkel
Sumber :
  • Spiegel

VIVA – Fakta Angela Merkel Perdana Menteri Jerman. memiliki nama lengkap Angela Dorothea Kasner, lebih dikenal sebagai Angela Merkel, lahir di Hamburg, Jerman Barat, pada 17 Juli 1954. Terlatih sebagai fisikawan, Merkel memasuki dunia politik setelah runtuhnya Tembok Berlin tahun 1989. Naik ke posisi ketua partai Uni Demokratik Kristen, Merkel menjadi kanselir wanita pertama Jerman, dan salah satu tokoh terkemuka Uni Eropa, setelah pemilihan nasional 2005.

Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri

Angela Merkel adalah wanita paling kuat di dunia, pemimpin negara yang menggerakkan ekonomi Eropa. Dia juga seorang ilmuwan, pecinta sepak bola dan beberapa melaporkan bahwa Angela Merkel sangat tajuk sama anjing, berikut beberapa fakta Angel Merker Perdana Menteri Jerman, seperti dikutip dari Iamexpat.de, sebagai berikut:

1. Fasih Bahasa Rusia

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron

Photo :
  • Sumber BBC

Ayah Angela Merkel memindahkan keluarganya dari Hamburg ke Jerman Timur yang dikuasai Soviet enam minggu setelah Angela lahir pada tahun 1954, sama seperti ribuan orang Jerman lainnya melarikan diri ke arah lain. Seperti anak-anak lain yang tumbuh di Jerman, Merkel belajar bahasa Rusia di sekolah. Dia kemudian menjadi juara tiga kali kompetisi bahasa Rusia di Jerman Timur. Dia jarang berbicara bahasa Jerman di depan umum.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

2. Pernah Menjadi Bartender ketika Kuliah

Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Photo :
  • Instagram.com/bundeskanzlerin

Saat belajar fisika di Universitas Karl Marx di Leipzig, Angela Merkel bekerja sebagai pelayan bar di diskotik mahasiswa. "Saya melakukan pekerjaan menjadi pelayan bar," katanya. "Saya mendapat tambahan 20 hingga 30 pfennigs 'Mata Uang Jerman' untuk setiap minuman yang saya jual dan itu menambahkan hingga 20 hingga 30 Mark ekstra setiap minggu. Itu cukup untuk membayar sewa." Dia melanjutkan untuk mendapatkan gelar doktor di Berlin Timur pada tahun 1986.

3. Ditawari Bekerja di Stasi 'Kementerian Keamanan Negara'

Kanselir Jerman Angela Merkel

Photo :
  • https://newsk.de

Pada akhir 1970-an, Angela Merkel melamar posisi asisten profesor di sebuah sekolah teknik. Sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan itu, dia diberitahu bahwa dia harus melaporkan rekan-rekannya ke Stasi, polisi rahasia yang sangat ditakuti di Jerman Timur. Angela Merkel mengatakan dia menolak karena dia terlalu mengoceh untuk menjadi mata-mata yang baik.

Anehnya, dia tidak mendapatkannya. Jika dia punya, karir masa depan dalam politik mungkin menjadi mustahil, karena di Jerman pasca reunifikasi, hubungan masa lalu dengan Stasi tidak lain adalah bunuh diri politik.

4. Merayakan Jatuhnya Tembok Berlin di Sauna

Kanselir Jerman Angela Merkel tahun 2005 (kirin) dan 2020 (kanan)

Photo :
  • dw

Pada 9 November 1989, malam Tembok Berlin runtuh, menandakan berakhirnya 40 tahun kekuasaan komunis di Jerman Timur, Angela Merkel yang berusia 35 tahun mengunjungi sauna. Dia kemudian berjalan melintasi perbatasan untuk merayakan dengan segelas bir, sebelum segera pulang ke rumah, karena dia harus bekerja pada hari berikutnya. "Saya tidak ingin kepala saya melorot di meja saya," katanya.

5. Menggunakan Nama Keluarga Suami Pertamanya

Kanselir Jerman, Angela Merkel (kiri) dan Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew

Photo :
  • Zimbio.com

Terlahir dengan nama lengkap Angela Dorothea Kasner, ia menjadi Angela Merkel saat menikah dengan fisikawan Ulrich Merkel pada 1977. Pernikahan itu berlangsung sekitar lima tahun. Alih-alih kembali ke nama gadisnya setelah perceraian, Angela telah mempertahankan nama keluarga suami pertamanya sejak itu sampai sekarang

Suami kedua Angela, Joachim Sauer, adalah seorang profesor di Universitas Humboldt Berlin dan tidak menyukai publisitas. Dia menghindari penampilan publik begitu sering sehingga dia terkenal tidak menghadiri pelantikan Merkel sebagai kanselir pada tahun 2005, sehingga media Jerman menjulukinya, "The Phantom of the Opera".

6. Jago Memasak

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kanselir Jerman, Angela Merkel

Photo :
  • www.presidensby.info

Angela Merkel dilaporkan sangat bangga dengan keterampilan memasaknya dan terutama terkenal karena kue premnya. Dia secara teratur terlihat berbelanja di supermarket di Berlin, di mana dia membayar belanjaannya secara tunai. Dia pernah memberi tahu mantan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan bahwa dia membuat sarapan untuk suaminya setiap pagi.

7. Takut Sama Anjing

Putin membawa anjing labradornya saat bertemu Angela Merkel.

Photo :
  • The Telegraph

Setelah digigit seekor anjing pada tahun 1995, Merkel menjadi sangat takut pada anjing. Diduga bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin membawa hewan peliharaannya yang besar ke pertemuan bersamanya pada tahun 2007 dalam upaya untuk mengintimidasi kanselir. Angela Merkel kemudian berkata, "Saya mengerti mengapa dia harus melakukan ini untuk membuktikan bahwa dia seorang pria. Dia takut akan kelemahannya sendiri." hal ini dikatakan kepada Vladimir Putin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya