Jalan Ambles Kembali Melanda Jepang

Jalan ambles di Kota Fukuoka, Jepang.
Sumber :
  • Kyodo/via REUTERS

VIVA.co.id – Sebuah lubang raksasa di kota Fukuoka, Jepang, yang sekiranya telah diperbaiki selama dua hari, kini ambles kembali.

Jalan di Guangdong China Ambles 18 Meter, Puluhan Mobil Terperosok 24 Tewas

Alhasil, seluruh akses jalan ditutup total. Lubang dengan kedalaman 15 meter dan lebar 30 meter itu seakan membelah jalan kota Fukuoka.

Padahal, sebelumnya jalan tersebut berhasil diperbaiki dalam waktu 48 jam, atau dua hari melalui upaya rekayasa raksasa. Wali Kota Fukuoka, Soichiro Takashima, sampai harus meminta maaf atas insiden tersebut.

Jalan Negara di Sepaku Ambles Dilintasi Truk Sawit, Jalur ke IKN Terputus

"Jika Anda memiliki sedikit kecemasan, Anda harus berhenti dan memastikan bahwa Anda aman. Saya minta maaf telah mengganggu Anda," katanya, seperti dikutip situs Independent, Rabu 30 November 2016.

Namun, pada Sabtu lalu, pekerja melihat amblesan sekitar tujuh sentimeter. Akibatnya, polisi menutup jalan dan mengobservasi apakah akan terjadi sinkhole lagi.

Jalan Ambles di Kawasan Olimo Jakarta Barat, Polisi sebut Tidak Ada Pengalihan Arus

Para insinyur lantas bekerja semalaman menutup lubang kecil itu. Namun, pemerintah kota tak mengumumkan insiden tersebut.

Kawasan itu kini sudah dibuka, namun, polisi dan tim pemantau berjaga-jaga di wilayah itu. Terjadinya sinkhole di jalanan itu akibat dari pekerjaan konstruksi untuk memperpanjang sistem kereta bawah tanah kota, Nanakuma Line.

Dalam beberapa tahun terakhir, tercatat telah terjadi kasus terbentuknya sinkhole di Jepang akibat pekerjaan bawah tanah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya