Belanda Bakal Larang Burqa

Pemakai burqa.
Sumber :
  • Reuters/Phil Noble

VIVA.co.id – Parlemen Belanda berencana untuk melarang pemakaian burqa (pakaian perempuan yang menutupi seluruh tubuh termasuk wajah) melalui rancangan undang-undang pelarangan burqa, pada Selasa.

Uni Eropa Diminta Menanggung Biaya Pengungsi Ukraina

Mengutip situs Reuters, Rabu, 30 November 2016, agar menjadi undang-undang yang mengikat, aturan ini masih memerlukan persetujuan Senat. Berbagai tempat umum yang masuk kategori area terlarang untuk pemakaian burqa antara lain gedung-gedung pemerintah, transportasi umum, sekolah, dan rumah sakit.

Namun, hukuman bagi yang melanggar aturan pemakaian burqa belum ditetapkan. Sebelumnya, negeri Kincir Angin itu memberlakukan denda sebesar 405 euro bagi siapa pun yang melanggar aturan.

Ukraina Minta Masuk Uni Eropa, Slovenia Dukung Diproses Cepat

Larangan pemakaian burqa di Belanda sudah lama disuarakan Partai Kebebasan pimpinan Geert Wilders. Menurut dia, larangan pemakaian burqa sangat penting bagi keamanan Belanda.

Tak hanya itu, mereka juga menganggap burqa sebagai “budaya alien” atau simbol penindasan perempuan. Akan tetapi, kubu penentang menuduh aturan tersebut memperkuat legitimasi sentimen anti-Muslim.

5 Hari Rusia Menggempur, Ukraina Melawan dengan Sengit Tangguh

"Burqa adalah bentuk kebebasan beragama. Setiap orang berhak untuk berpakaian seperti yang dia inginkan,” bunyi pernyataan tersebut.

Sebelumnya, Swiss, Prancis, dan Belgia telah melarang pemakaian burqa di tempat publik. Hal ini juga diikuti beberapa negara Eropa lainnya, dengan memberlakukan larangan serupa, namun hanya di beberapa wilayah.

Ladang minyak Exxon di di Pulau Sakhalin, Rusia.

UE Setop Pasokan, Rusia: Harga Minyak Bakal di Atas US$300 Per Barel

Uni Eropa akan membutuhkan lebih dari satu tahun untuk mengganti volume minyak yang diterimanya dari Rusia.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2022