Pesawat Rusia Jatuh Diduga Akibat Kesalahan Teknis

Aerial landasan pacu Bandara Internasional Sochi, Rusia
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA.co.id – Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan pesawat milik Pemerintah Rusia yang dilaporkan hilang, dipastikan jatuh di sekitar Laut Hitam, sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sochi, Rusia.

Bandara Rusia Diserang Drone, 2 Pesawat Angkut Ilyushin II-76 Terbakar

Belum ada pernyataan resmi mengenai jumlah penumpang yang berada di dalam pesawat, karena sebagian media menyebut TU-154 milik Kementerian Pertahanan Rusia itu mengangkut 91 penumpang, tapi ada juga yang menyatakan 92 orang.

Dikutip dari Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia telah menyatakan sebuah tim penyelamat telah menemukan puing pesawat sekitar 1,5 kilometer dari pantai Rusia, di kedalaman 50-70 meter.

Beda dari yang Lain, Rusia Evakuasi Warganya dari Sudan Pakai Pesawat Militer

Kantor Berita Rusia, RIA News Agency, mengutip sebuah sumber anonim dari aparat keamanan, menyebut ada indikasi berdasarkan data pendahuluan bahwa pesawat itu jatuh karena adanya kesalahan teknis atau pilot.

Meski begitu, Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov bilang masih terlalu dini untuk menyimpulkan penyebab kecelakaan pesawat ini. Dia pun menyebut Presiden Vladimir Putin terus mendapatkan informasi mengenai perkembangan kecelakaan ini.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebelumnya disebutkan pesawat TU-154 ini mengangkut personel militer, wartawan, termasuk paduan suara resmi angkatan bersenjata Rusia, Alexandrov Alexandrov. Pesawat ini akan berangkat menuju Suriah.

Menurut Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia memang rutin mengirimkan musisi ke Suriah untuk menggelar pertunjukan buat personel militer mereka. Pangkalan militer yang dituju paduan suara ini, yaitu Hmeymim berada di Provinsi Latakia, Suriah. Lokasi ini menjadi pangkalan pesawat tempur Rusia untuk melancarkan serangan udara di Suriah.

Ilustrasi perang nuklir.

Hanya 2 Negara di Dunia yang Punya Pesawat Antinuklir

Pesawat udara memiliki berbagai fungsi tergantung pada jenisnya. Secara umum, pesawat digunakan sebagai sarana transportasi udara untuk kepentingan komersial.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024