Ledakan Bom Mobil Tangki di Suriah, 43 Orang Tewas

Truk tangki meledak di Azaz, dekat perbatasan Suriah-Turki.
Sumber :
  • REUTERS TV/via Reuters

VIVA.co.id – Sebuah ledakan dari mobil tangki terjadi di Kota Azaz, Suriah. Akibat peristiwa itu, 43 orang tewas dan puluhan orang lainnya terluka. Mobil tangki tersebut diduga dipenuhi bom dan diledakkan di luar gedung pengadilan pada Sabtu kemarin, 7 Januari 2017.

6 Fakta TKW yang Dikira Meninggal di Suriah, Kembali ke Kampung Halaman Setelah Hilang 22 Tahun

Selain gedung pengadilan yang hancur, sebuah pasar di dekat lokasi pun porak-poranda. Namun hingga kini belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan besar itu.

Dilansir ArabNews, Minggu, 8 Januari 2017, Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, dari korban tewas, kemungkinan enam di antaranya adalah pemberontak dan selebihnya adalah warga sipil. “Identifikasi terhambat, karena beberapa korban benar-benar terbakar dalam ledakan itu,” kata Kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman.

22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Dalam video yang sempat direkam dan tersebar, terlihat warga sangat panik berhamburan lari menyelamatkan diri. Amukan api nampak membakar beberapa kendaraan di dekat tangki dan asap langsung mengepul tebal. Pemadam kebakaran pun berupaya memadamkan api.

Azaz merupakan kota tempat bersarangnya para pemberontak yang telah berulang kali menjadi target serangan bom. Terakhir, pada November 2016 lalu, bom mobil juga terjadi di sana dan menewaskan sekira 25 orang.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Serangan yang menewaskan 43 orang ini ada yang mengklaim dilakukan oleh kelompok pemberontak Daesh. Beberapa sumber pun ada yang menyebut korban tewas memasuki angka 60 orang.

VIVA Militer: Drone bunuh diri militer Iran

Drone Bunuh Diri Iran Bombardir Suriah, Habisi Nyawa Warga Sipil

Iran mengerahkan kekuatan militer untuk menyokong rezim al-Assad.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024