Agen Penyalur di Bahrain Gelar Lomba Berhadiah PRT Ethiopia

Iklan berhadiah PRT Ethiopia oleh agensi di Bahrain, menuai kemarahan.
Sumber :
  • Al Arabiya.

VIVA.co.id – Sebuah agen penyalur tenaga kerja di Bahrai menuai kecaman. Iklan yang ditayangkan agen tersebut dianggap merendahkan orang Ethiophia.

Majikan Baik, PRT Filipina Diberi Hadiah Rumah dan Isinya

Diberitakan oleh Ethiophia.Net, 3 Mei 2017,  Al Hazeem Manpower Agency, kantor penyedia jasa pekerja domestik di Bahrain melalui akun media sosialnya mengadakan lomba menyambut Ramadan. Tak dijelaskan bagaimana lombanya, hanya disebutkan syarat bagi mereka yang ingin menjadi peserta harus sudah memiliki izin kerja untuk PRT, karena hadiah yang mereka tawarkan adalah seorang pekerja domestik dari Ethiophia.

Tawaran hadiah yang tak etis akhirnya malah membuat agensi tersebut menjadi bulan-bulanan warga. Melalui pernyataannya, Bahrain's Labour Market Regulatory Authority  atau Otoritas Regulasi Pasar Tenaga Kerja Bahrain (LMRA) mengatakan sudah mengambil tindakan tegas  terhadap agen Tenaga Kerja Al-Hazeem dengan membekukan izinnya hingga penyelidikan selesai.

Perjuangan KBRI Riyadh Atasi Masalah PRT di Arab Saudi

"Langkah-langkah segera diambil, termasuk menangguhkan lisensi dari agen tenaga kerja yang bersangkutan," ujar LMRA seperti dikutip dari Ethiopia.Net. Perusahaan itu dikabarkan sudah menghapus postingan mereka di Facebook dan Instagram.

Perlakuan terhadap pekerja rumah tangga asal Afrika di Negara Teluk telah berulang kali dikutuk oleh kelompok pegiat hak asasi manusia. Saat ini pihak berwenang di Kuwait dilaporkan sedang menyelidiki sebuah video yang terbit bulan lalu, yang menayangkan seorang PRT asal Ethiopia tergantung karena mencoba bunuh diri, sementara majikannya memilih merekam gambar tersebut tanpa mencoba menolongnya.

Bandara Saudi Buka Jasa Antar Langsung PRT ke Rumah Majikan
PRT yang jadi korban kekejaman majikan/Ilustrasi

Dipaksa Minum Pemutih Pakaian, PRT di Arab Meregang Nyawa

Ia dibawa ke rumah sakit dalam keadaan tak sadarkan diri.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2018