Kiva, Program Anti-Bullying Finlandia yang Terbukti Efektif

Stop kekerasan bullying
Sumber :
  • bullyingproject.com

VIVA.co.id – Finlandia tidak hanya dikenal bagus dalam hal pendidikan akademik, namun juga menemukan program efektif menurunkan angka bullying atau perundungan di negara Skandinavia tersebut. Kiva, program antiperundungan di Finlandia kemudian dicontoh oleh sejumlah negara lain di Eropa.

Tyas Mirasih: Masa Depan Audrey Masih Panjang

Kiva merupakan program anti-bullying yang pada awalnya dikembangkan di Universitas Turku di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Finlandia. Awalnya dimulai dengan riset fenomena bullying dan mekanisme terkait perundungan selama berpuluh tahun.

Program Kiva dijalankan dengan melakukan pemantauan intensif terhadap anak-anak di sekolah yang menuntut sekolah aktif dan berkala membuat laporan dan evaluasi. Ada tiga kategori program Kiva dan punya cara masing-masing. Yang pertama untuk kategori usia 6 hingga 9 tahun. Kedua kategori usia 10 hingga 12 tahun dan ketiga kategori usia 13 sampai 16 tahun.

Alami Bullying, KPAI Berencana Dampingi Bowo Alpenliebe

Sebagaimana dilansir laman web resmi Kiva, baik orangtua, guru maupun lembaga sekolah memiliki tugas masing-masing yang bisa dipelajari melalui video, permainan online hingga buku. Program ini mengingatkan anak bahaya perundungan sekaligus mendidik anak agar simpati dan membela korban perundungan.

Penurunan angka bullying diketahui menurun secara teratur di Finlandia sejak program ini diterapkan. Pada tahun 2013 hingga 2014 saja disebutkan terjadi penurunan angka bullying baik yang melakukan perundungan ataupun korban perundungan sekitar 52 persen.

5 Artis Hollywood Ini Dulu Korban Bullying, Sekarang Sukses

Program ini diketahui sudah diikuti oleh sejumlah negara seperti Italia, Inggris, Belanda dan Estonia. (one)

Nikita Mirzani.

Turut Kawal Kasus Audrey, Nikita Mirzani Hubungi Aktivis

Nikita tak habis pikir dengan para pelaku yang tega menganiaya Audrey.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2019