Erdogan: Israel Ingin Ambil Masjid Aqsa dari Umat Islam

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
Sumber :
  • Murat Cetinmuhurdar/Presidential Palace/Handout

VIVA.co.id – Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memperingatkan bahwa Israel berusaha untuk mengambil alih Masjid Al-Aqsa dari tangan umat Muslim. Erdogan menekankan bahwa tindakan tersebut sangat tidak bisa diterima.

Ramadhan Konflik di Gaza Belum Reda, Palestina Ucapkan Terima Kasih Indonesia Terus Bantu

"Semua orang yang mengenal Israel sadar bahwa pembatasan Masjid Al-Aqsa bukan karena masalah keamanan. Israel mencoba untuk mengambil Al-Aqsa dari umat Islam dengan kedok melawan terorisme," kata Erdogan, seperti dikutip Middle East Monitor, Rabu 26 Juli 2017.

Erdogan juga mengecam keras negara Yahudi tersebut, yang melarang jemaah Palestina untuk mengakses Al Aqsa beberapa hari terakhir. Erdogan meminta umat Islam dunia untuk aktif membela Al-Aqsa.

7 Tokoh Yahudi Ini Ternyata Bela Palestina Ketimbang Israel

"Ketika tentara Israel secara sembarangan mencemari Al-Aqsa dengan sepatu mereka, menggunakan isu sederhana sebagai dalih dan menumpahkan darah di sana, itu karena kita (Muslim) belum berbuat banyak untuk mempertaruhkan klaim atas Yerusalem," ujar Erdogan.

"Dari sini, saya memanggil semua umat Islam. Siapa pun yang memiliki kesempatan harus mengunjungi Yerusalem, Masjid Al-Aqsa. Mari kita semua lindungi Yerusalem," ujarnya.

Gara-gara Netanyahu, Rencana Biden Hidupkan Kembali Otoritas Palestina Gagal Total

Sabtu lalu, Erdogan mengecam Israel atas krisis yang disebutnya sebagai penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap umat Muslim. Dia juga meminta adanya intervensi dari masyarakat internasional. (ren)

Seruan Boikot Israel

Mengapa Kita Harus Jeli Menyikapi Berita Boikot? Ini Alasannya

Berbagai pemberitaan terkait ajakan boikot terhadap produk-produk terafiliasi Israel sering disalahtafsirkan yang akhirnya bisa menjadi bola liar di masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024