Pengawal Duterte Ditembak Dekat Kediaman Resmi Presiden

Presiden Filipina Rodrigo Duterte
Sumber :
  • Malacanang Presidential Palace/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Sebuah insiden penembakan terjadi hari ini, Selasa 26 September 2017 di dekat kediaman Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Manila. Beruntung, saat penembakan terjadi, Presiden Duterte sedang tidak berada di kediamannya.

Duterte Menolak Minta Maaf Atas Kematian dalam Perang Antinarkoba

Diberitakan oleh CNN, Selasa, 26 September 2017, penembakan terjadi pada seorang petugas di Kompleks Kelompok Keamanan Presiden (PSG) di dalam Taman Malacañang.

Juru Bicara Paspampres Filipina, Mike Aquino, mengatakan, insiden tersebut terjadi di Malacanang Park, yang merupakan basis unit penjaga Duterte dan sangat dekat dengan kediaman resmi presiden yakni Bahay ng Pagbabago.

Gagal Capai Target Vaksinasi COVID-19, Duterte Ancam Hukum Pejabat

Sementara itu, Reuters mengabarkan, Selasa, 26 September 2017, Aquino mengatakan bahwa unit pengamanan tengah menyelidiki insiden tersebut. Meski demikian, ia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Diketahui satu orang terluka dalam insiden tersebut.

Seorang pejabat dari istana presiden yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan kepada wartawan setempat bahwa Duterte tidak berada di sana pada saat insiden penembakan terjadi.

Duterte Usul Warga yang Tak Mau Divaksin Disuntik Saat Tidur
BBC Indonesia

Pilpres Filipina, Siapa Saja Kandidatnya dan Apa Isu Utamanya?

Pemilihan Presiden Filipina, yang digelar Mei 202, bakal menjadi kontroversial karena para kandidat utamanya terdiri dari anak presiden Duterte, putri eks diktator Marcos, serta petinju terkenal Manny Pacquaiao.

img_title
VIVA.co.id
10 Februari 2022