Mangkuk Antik Berusia 1000 Tahun Terjual Rp511 Miliar

Mangkuk keramik berusia 1000 tahun asal China ini terjual seharga 511 miliar.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip

VIVA.co.id – Sebuah mangkuk berusia 1.000 tahun dari Dinasti Song di China, terjual seharga US$37,7 juta, atau setara Rp511 miliar pekan ini. Harga ini memecahkan rekor harta tertinggi untuk sebuah porselen asal China.

Keramik Rumah Ternyata Bisa Jadi Bagian Investasi

Potongan kecil porselen yang berasal dari tahun 960-1127, memecahkan rekor sebelumnya, yaitu sebesar US$36,05 juta yang ditetapkan pada 2014, untuk sebuah cangkir anggur dari dinasti Ming yang dijual ke konglomerat Shanghai.

Penawaran dibuka dengan harga sekitar US$10,2 juta dan berlangsung selama 20 menit. Lelang ini dimenangkan oleh seorang penawar via telepon.

Berburu Keramik Berkualitas di Pameran Keramika 2018

Mangkuk tersebut adalah salah satu contoh porselen China yang sangat langka dari istana kekaisaran Dinasti Song di utara dan hanya satu dari empat potong bagian yang berada di tangan swasta. Dikutip dari laman The Guardian, Rabu 4 Oktober 2017, dengan ukuran 13 sentimeter, mangkuk ini memiliki lapisan biru bercahaya.

Harga ini melebihi catatan sebelumnya yang dibuat oleh secangkir porselen putih kecil, dihiasi dengan lukisan warna seekor ayam jantan dan seekor ayam betina yang merawat anak-anak mereka. Porselen putih kecil itu diciptakan pada masa pemerintahan kaisar Chenghua antara tahun 1465 dan 1487.

Cangkir tersebut terjual pada 2014, kepada seorang bernama Liu Yiqian, salah satu orang terkaya di China, dan di antara kelas baru orang kaya super China, yang menjelajahi dunia untuk karya seni. (asp)

Proses pembuatan karya seni berupa garuda pancasila raksasa untuk Istana Negara, Jakarta di Nursih Basuki Art Studio

Nursih Basuki Art Studio, Tempat Pembuat Mahakarya Seni Indonesia

Ruang produksi karya seni yang terbuat dari tembaga dan kuningan.

img_title
VIVA.co.id
5 September 2019