Makin Marak Praktik Pengusiran Setan di Eropa, Ada Apa?

Ilustrasi gereja dan pendeta
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Permintaan praktik pengusiran setan atau roh jahat di berbagai negara Eropa khususnya Prancis disebutkan semakin meningkat. Bahkan pengusiran setan atau exorcism tidak lagi dilakukan hanya oleh pihak gereja yang biasanya memiliki otoritas untuk hal itu.

Meski Diprotes, Emmanuel Macron Lanjutkan Perubahan Skema Pensiun

Tren terkini, praktik pengusiran setan maupun roh jahat juga dilakukan untuk alasan komersial. Para kelompok maupun cenayang yang mengaku mampu melakukannya mematok tarif mahal untuk kegiatan berhubungan dengan hal gaib ini.

Meningkatnya kembali fenomena praktik semacam ini dimuat oleh laman Economist sebagaimana kemudian dikutip dan dikonfirmasi oleh BBC termasuk kepada Vatikan.

Paris Dilumpuhkan Aksi Mogok, Turis Diminta Jauhi Menara Eiffel

Bahkan pengusiran roh jahat yang dilakukan secara komersial bisa berbiaya hingga 900 Euro atau setara dengan hampir Rp15 juta. Prancis disebutkan menjadi negara yang menjadi lokasi pengusiran roh jahat paling banyak.

Belum ada angka pasti sebab ada beberapa versi jumlah praktik pengusiran setan dalam satu dekade terakhir. Namun seorang pastor Katolik Prancis yang berasal dari Vatikan membenarkan bahwa dia semakin sering melakukannya belakangan ini.

Pengusiran setan oleh pihak gereja diketahui tidak menuntut biaya berbeda dengan exorcism yang diklaim bisa dilakukan oleh cenayang biasa.

Prancis Akan Bangun Komando Militer Ruang Angkasa

Pastor Georges Bersons dari Gereja Katolik adalah salah seorang yang paling sering melakukan praktik penyucian ini. Dia tinggal di Paris dan wilayah Ile de France.

Setahun, rata-rata, Pastor Bersons memimpin exorcism hingga 50 kali. Sementara bila digabungkan praktik bersama koleganya disebutkan bahkan bisa melakukan lebih dari 1.000 kali setahun.

Sementara Pastor Ange Rodriguez, seorang biarawan dari Ordo Dominican, yang memang memiliki spesialisasi untuk pengusiran roh jahat memperkirakan bahwa angka pengusiran setan memang meningkat. Pria berusia 81 tahun itu mengatakan selama 10 tahun terakhir, dia cukup sibuk dengan permintaan praktik ini.

Bahkan Pastor Rodriguez menyadari kini aktivitas itu tak hanya dilakukan oleh gereja melainkan jadi komoditas bisnis bagi kalangan tertentu. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya