WNI yang Terlibat ISIS Marawi Berasal dari Medan

Tentara Filipina di Marawi City.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVA – Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila telah menerima notifikasi konsuler atau pemberitahuan resmi, terkait penangkapan salah satu warga negara Indonesia di Kota Marawi, Filipina.Terduga bernama Ilham Syahputra dan berasal dari Medan.

Siapa Orang Indonesia yang Pimpin 100 Teroris ke Marawi?

Ilham ditangkap pihak berwenang lantaran diduga terlibat dalam pertempuran bersama militan Maute. "KBRI telah menerima notifikasi konsuler dari otoritas Filipina terkait ditangkapnya Ilham Syahputra pada hari Jumat," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, Senin, 6 November 2017.

Arrmanatha mengungkapkan, bahwa pada hari Jumat, 3 November, Wakil Duta Besar RI di Filipina dan Atase Polisi telah mendapat akses konsuler dan melakukan interview untuk menentukan status kewarganegaraan yang bersangkutan.

Penderitaan Warga Marawi Terjepit di Antara Militer-Militan

"Dari hasil interview, sementara yang bersangkutan menyampaikan berasal dari Medan dan menyampaikan beberapa nama keluarga dan teman di Medan," ujar Arrmanatha. Atas hasil interview tersebut, pihak berwenang dan KBRI masih akan melakukan verifikasi lebih lanjut.

Diberitakan sebelumnya, seorang WNI ditangkap oleh anggota Barangay Peace Action Team of Bry Loksadatu. Ia kemudian diserahkan kepada polisi Marawi.

Hasil Trilateral Indonesia-Malaysia-Filipina soal Marawi

Pihak keamanan Filipina berulang kali menyatakan adanya militan asing yang  bergabung dalam pertempuran bersama militan Maute yang didukung oleh ISIS selama lima bulan terakhir.

Operasi militer di kota Marawi secara resmi dihentikan pekan lalu setelah lima bulan pertempuran. Lebih dari 900 teroris, 165 pasukan keamanan dan 45 warga sipil dilaporkan tewas sementara lebih dari 400 ribu penduduk mengungsi untuk menyelamatkan diri dari pertempuran itu. (mus)

- Alamy

Kisah Ngeri Pastor yang Disekap Isis dan Dipaksa Bikin Bom

Pastor Chito dan 100 sandera lain disekap di bawah tanah.

img_title
VIVA.co.id
7 September 2019