Lahir dengan Jantung di Luar Tubuh, Bayi Vanellope Selamat

Kondisi ectopia cordis bisa diketahui sejak dalam kandungan.
Sumber :
  • www.medicalnewstoday.com

VIVA – Bayi perempuan di Inggris selamat setelah melalui operasi beberapa kali untuk memasukkan jantungnya yang berada di luar tubuh tepatnya di atas bagian antara perut dan dada. Kondisi yang dinamakan Ectopia cordis ini dialami oleh lima hingga delapan dari satu juta orang di dunia. Peluang selamat saat operasi sangat kecil bahkan hanya di bawah 10 persen.

Seminar Medis dan Mengenal Penyakit Jantung pada Anak

Dilansir laman Independent, bayi bernama Vanellope Hope Wilkins diidentifikasi mengalami kondisi tersebut sejak dia berusia 9 bulan dalam kandungan. Namun bayi tersebut kemudian berhasil dilahirkan dengan operasi caesar pada 22 November 2017 lalu.

Para dokter bedah di Rumah Sakit Glenfield Leicester, Inggris lalu berupaya menyelamatkan bayi Vanellope. Namun sebagian ahli bedah anak di rumah sakit memang mengatakan mereka pesimistis melihat kondisi Vanellope.

Ketahui 3 Penyebab Jantung Koroner pada Anak Muda dan Cara Pencegahannya

Namun sang ibu yang bernama Naomi Findlay mengatakan dia tak akan menyerah pada peluang sekecil apa pun itu. Dokter berusaha kembali mempelajari rekomendasi dan kondisi Ectopia cordis sebelum akhirnya melakukan pembedahan intensif.

Melalui tiga kali pembedahan, dokter berhasil memasukkan jantung Vanellope setelah mencangkokkan tulang rusuk buatan untuk melindungi jantung bayi mungil tersebut. Pembedahan jenis ini disebutkan pertama kali yang berhasil di Inggris.

Bahaya Penyakit Jantung Bawaan Picu Kematian Bayi Baru Lahir

"Vanellope di film adalah karakter yang sangat keras kepala sekaligus tangguh, dia kembali menjadi putri setelah usaha yang sangat susah payah," kata sang ibu yang menyebutkan bahwa nama putrinya diambil dari salah satu karakter dalam film Wreck It Ralph.
 

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.

Miris, Penyakit Jantung Bawaan Penyebab Kematian Tersering pada Bayi Baru Lahir

Penyakit Jantung Bawaan merupakan kelainan yang paling banyak ditemukan pada bayi baru lahir. PJB kerap diidentifikasi sebagai salah satu penyebab kematian tersering.

img_title
VIVA.co.id
18 Juli 2023