Sepanjang 2017, Puluhan Ribu Yahudi Gerebek Al Aqsa

Kota suci Yerusalem, di kejauhan adalah kubah masjid Al Aqsa.
Sumber :
  • REUTERS/Baz Ratner

VIVA –  Puluhan ribu pemukim Yahudi diketahui telah terlibat dalam penyerangan di situs suci Al Aqsa sepanjang tahun 2017. Direktur Departemen Wakaf Islam dan Urusan Al Aqsa mengatakan, 25.630 orang Yahudi ekstremis diketahui terlibat dalam serangan di situs Islam di Yerusalem yang diduduki.

7 Fakta Menarik Yerusalem yang Jarang Diketahui, Kota Suci 3 Agama

"Jumlah ekstremis yang menyerang Al Aqsa mencapai angka tertinggi tahun lalu. Perlindungan resmi dari pasukan keamanan Israel juga ada kaitannya dengan hal itu," kata Shaikh Azzam Al-Khatib, seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Al-Khatib memperingatkan bahwa serangan tersebut, yang didukung oleh pemerintah Israel, dimaksudkan untuk mengubah status Masjid Al-Aqsa. Setelah Perang Enam Hari 1967, Yordania diberi perwalian di tempat-tempat suci di wilayah Palestina yang diduduki, termasuk Yerusalem.

Batu Mencurangi Timbangan Umur 2.700 Tahun Ditemukan di Yerusalem

Sejak tahun 2003, pasukan keamanan pendudukan Israel telah melindungi pemukim dan serangan mereka, yang biasanya terjadi melalui Gerbang Al-Magharbeh, yang terletak di Tembok Barat kompleks Masjid Al-Aqsa. Israel telah menguasai gerbang ini sejak 1967.

Otoritas Palestina dan Yordania telah meminta Israel untuk menghentikan penggerebekan ini, namun pemerintah di Tel Aviv menolaknya. Pada 2016, lebih dari 16.000 pemukim Yahudi ekstremis menggerebek Masjid Al-Aqsa.

Produk Es krim Unilever Boikot Penjualan di Tepi Barat

Penggerebekan tersebut cenderung meningkat jumlahnya dan partisipasi selama liburan Yahudi, ketika polisi Israel memberlakukan pembatasan ketat penggunaan masjid oleh umat Muslim

Saluran air kuno di Yerusalem.

Parasit Berbahaya Terungkap dari Toilet di Yerusalem

Sebuah toilet jongkok berusia 2.700 tahun ditemukan di sebuah perkebunan kuno di Yerusalem selatan. Parasit berbahaya pun ditemukan.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2022