Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sumut

Ilustrasi Densus 88 Antiteror.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA – Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri melakukan rangkaian penangkapan terduga teroris di Sumatera Utara. Salah satu terduga ditangkap di Jalan Kapas Raya, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Kamis pagi, 16 Desember 2021.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Kepala Lingkungan XVIII, Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan, Yuda Prabowo menjelaskan dirinya hanya dimintai untuk menyaksikan pengeledahan oleh petugas kepolisian berpakaian preman lengkap dengan senjata apinya.

"Penangkapan kita tidak tahu, dari petugas bilang ada penggeledahan di Jalan Kapas Raya dan saya datang untuk mendampingi petugas dan menggeledah rumah di lingkungan XVIII," sebut Yuda saat ditemui di rumahnya, Kamis petang, 16 Desember 2021.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Ilustrasi/Personel Densus 88 Antiteror

Photo :
  • VIVA.co.id/Dyah Ayu Pitaloka

Yuda mengungkapkan berdasarkan informasi diperoleh bahwa penangkapan seorang pria itu, dilakukan pada subuh tadi. Ia menyebutkan warganya diamankan tersebut, berinsial D.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

"Penggeledahan dilakukan sekitar pukul 05.00 WIB dengan pakaian sipil dan yang diamankan buku, handphone, buku rekening dan beberapa barang lain," sebut Yuda.

Yuda menilai bahwa D dikenal sangat ramah dan mudah bergaul dengan warga sekitar."D yang diamankan itu ramah bersosialisasi dan orangnya aktif di masyarakat," sebut Yuda.

Yuda menjelaskan D bersama istri dan tiga anaknya sudah kurang lebih 2 tahun. Di mana, warganya tersebut sangat bersosialisasi dan aktif dalam kegiatan di masyarakat. 

"Dia tinggal disini (Lingkungan XVIII) kurang lebih 2 tahun. Sebelumnya kalau saya lihat dari Kartu Keluarganya dia dari Medan Johor," ucapnya. 

Dalam kesehariannya, Yuda menyebutkan D seorang penjual madu. Namun, untuk kegiatan yang lain tidak ada yang mencurigakan terkait kegiatan yang sifatnya negatif. 

"Kalau dia (D) sehari-hari penjual madu dan baik di lingkungan warga sini. Namun, pas dilakukan penggeledahan oleh belasan petugas berpakaian sipil dengan kurang lebih tujuh mobil, warga sempat terkejut melihatnya," kata Yuda. 

Selain di Kota Medan, Densus 88 Anti Teror juga mengamankan terduga teroris di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol. Hadi Wahyudi belum memberikan keterangan terkait penangkapan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya