Tipu Perempuan Rp400 Juta, Narapidana Mengaku-ngaku Polisi Dibekuk

Ilustrasi penangkapan
Ilustrasi penangkapan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Seorang perempuan berinisial RO menjadi korban penipuan oleh narapidana kasus narkoba berinisial AAS, dengan modus menyamar menjadi anggota polisi di media sosial. Korban diperas hingga ratusan juta rupiah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan AAS menjalankan aksi bersama dua tersangka lainnya yang berada di luar penjara berinisial H dan AZP, mantan narapidana. Menurut dia, AAS ini sedang menjalani masa hukuman seumur hidup.

“Tersangka atas nama AAS merupakan narapidana atau warga binaan, saat ini menjalani hukuman seumur hidup. Kasusnya ada kasus narkoba. Jadi melakukan aksi penipuan,” kata Ramadhan di Jakarta, Rabu, 19 Januari 2022.

Modusnya, kata Ramadhan, pelaku AAS mencari korban secara acak di media sosial mengajak berkenalan. Kemudian, tersangka berkomunikasi dengan korban RO secara intens melalui aplikasi WhatsApp. Dalam percakapannya, tersangka mengaku anggota Polri.

Ilustrasi penipuan.

Ilustrasi penipuan.

Photo :

"Yang bersangkutan mengaku salah satu anggota Polri, kemudian mengaku bertugas di Kota Medan yang akan pindah ke Jakarta," ujarnya.

Untuk meyakinkan korban, Ramadhan menjelaskan, pelaku AAS dibantu H dan AZP. Keduanya berperan membuat sejumlah dokumen palsu yang digunakan AAS dalam berkomunikasi dengan korban, seperti dokumen mutasi untuk merayu korban.