5 Fakta Kepala Sekolah di Purbalingga 3 Tahun Cabuli Murid Laki-laki

Pelaku pencabulan
Sumber :
  • tvOne/Sonik Jatmiko

VIVA Kriminal – Bejat! Seorang kepala sekolah yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial TN (51) di sekolah keagamaan setingkat Sekolah Dasar di Purbalingga, Jawa Tengah melakukan pencabulan terhadap muridnya yang masih berumur 14 tahun. Pelaku berhasil ditangkap pada Senin, 14 Agustus 2022 setelah petugas kepolisian mendapatkan laporan.

Kepsek SMKN 1 Nisel Ditahan Polisi Terkait Kasus Penganiayaan Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumut

Kronologi penangkapan

Kapolres Purbalingga, AKBP Era Johny Kurniawan menjelaskan kronologi penangkapan. Awal kejadian bermula saat pihaknya mendapat laporan dari sekolah setempat bahwa ada murid-muridnya yang mengeluh kesakitan. 

Diduga Aniaya Siswa Hingga Tewas, Kepala Sekolah SMKN 1 Nias Selatan Ditahan

"Kemudian kita lakukan pendalaman dan dilakukan visum, memang benar anak tersebut mengalami sakit di bagian dubur. Setelah itu kami melakukan pendalaman dan mengerucut kepada tersangka yaitu saudara TN yang kebetulan saat itu merupakan kepala sekolah salah satu pendidikan yang ada di Purbalingga," ujarnya dikutip dari tvonenews. 

Lakukan pencabulan selama tiga tahun

Ayah di Lombok Utara Paksa Anak Kandungnya yang SMA Berhubungan Intim

Menurut Era, dari pengakuan korban dan pelaku, mereka sudah melakukan hal tersebut selama tiga tahun. Setelah dilakukan pengembangan rupanya ada korban lainnya yang saat ini sudah berumur 20 tahun. 

"Jadi selama tiga tahun ini sudah dilakukan. Sedangkan korban yang berumur 20 tahun itu juga laki-laki. Saat ini sudah ada dua korban," jelasnya.

Pelaku masih bujangan

pelaku pencabulan, kepala sekolah di Purbalingga

Photo :
  • tvOne/Sonik Jatmiko

Lokasi terjadinya pencabulan tersebut di salah satu rumah warga yang merupakan saudaranya di Desa Karangreja, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Status pelaku saat ini belum memiliki istri alias bujangan. 

"Pelaku masih bujangan. Hasil dari pendalaman memang korban dulu juga pernah melakukan hal yang sama pada saat umur 6 tahun sebagai korban," ujarnya. 

Iming-iming uang 50rb

Sebelum melakukan perbuatan bejatnya, pelaku memberi iming-imingi korban dengan bayaran Rp 50 ribu. Selain itu juga sering diajak jalan-jalan dengan pelaku. 

"Jadi pelaku memberikan iming-iming yaitu uang sejumlah Rp 50 ribu. Tapi baru diserahkan Rp 20 ribu. Selain itu juga sering diajak jalan-jalan bersama dengan tersangka," jelasnya. 

Terancam pidana

Korban saat ini sedang dalam pendampingan oleh tim Konseling Psikologi yang dimiliki oleh Polres Purbalingga (Kopi Braling). Kondisi korban sudah mulai membaik dan tidak ada hal yang mengganggu kejiwaannya.

"Memang sebelumnya sudah mengalami namun dari pendampingan kita sehingga korban sudah beraktivitas seperti biasanya," ujarnya. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka diancam dengan pasal 82 ayat 1 dan 2 UU Nomor 17 Tahun 2016. Dengan ancaman hukumannya maksimal 15 tahun kurungan penjara.

"Karena ini dilakukan oleh tenaga pendidik maka pidananya akan ditambahkan sepertiga dari ancaman pidana sebagaimana dimaksud dalam ayat 1," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya