Kombes Yusep Ancam Tembak Gangster yang Bikin Warga Surabaya Resah

Kepala Polres Kota Besar Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan merilis kasus
Kepala Polres Kota Besar Surabaya Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan merilis kasus
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA Kriminal – Kesabaran kepolisian di Kota Surabaya, Jawa Timur, sepertinya habis melihat ulah para gangster yang beberapa hari terakhir bikin resah warga Kota Pahlawan. Bahkan, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengancam tak segan akan menembak para gangster bila masih terus berulah.

“Kami beri tindakan tegas dan terukur, dilumpuhkan karena melakukan perlawanan kepada petugas. Kami bisa lihat ada anggota polisi yang kemarin terluka di Keputih. Jadi akan kami tindak tegas," kata Yusep kepada wartawan pada Senin, 5 Desember 2022.

Tidak hanya Polrestabes Surabaya, tindakan tegas juga akan diterapkan oleh Kepolisian Resor Pelabuhan Tanjung Perak yang dipimpin Ajun Komisaris Besar Polisi Anton Elfrino. Yusep mengatakan, tindakan tegas akan diterapkan bila pendekatan persuasif masih diabaikan oleh para gangster.

Mantan Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Timur itu mengatakan, saat ini pihaknya telah meringkus beberapa anggota gangster dari operasi yang dilakukan beberapa hari terakhir. Dua di antaranya merupakan pimpinan dua kelompok gangster berbeda.

Bukannya ciut, kelompok gangster malah semakin berulah selaik menantang. Puncaknya adalah penyerangan warung kopi di Bilangan Keputih beberapa waktu lalu. Itu sebabnya Polri, TNI, Pemkot Surabaya, dan elemen masyarakat bersama-sama melakukan operasi besar-besaran untuk meringkus para remaja dan pemuda yang tergabung di gangster.

Seperti diketahui, Kota Surabaya beberapa hari terakhir diteror aksi anarkistis kelompok gangster bermotor. Mereka biasa berjalan dengan motor secara berkelompok pada tengah malam lalu berbuat onar, bahkan melukai warga. Warga Surabaya pun dibikin resah oleh ulah para gangster yang kebanyakan beranggotakan remaja itu.