Perwira Polisi di Sulteng Palsukan Akte Cerai Demi Nikahi Janda Lalu Pelorotin Hartanya

Ilustrasi oknum polisi.
Sumber :
  • Antara FOTO.

VIVA Kriminal - Institusi Polri kembali jadi sorotan gegara kelakuan anggotanya. Kali ini, seorang perwira polisi pangkat Ipda inisial SA diduga memalsukan dokumen demi menikahi perempuan berinisial SR (39) di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Dari informasi, perwira polisi yang bertugas di Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) itu disebut telah menikahi SR pada 2016 lalu. Saat itu, Ipda SA mengaku statusnya sebagai duda cerai. Dia pun membuat dokumen palsu akte cerai.

"Jadi, waktu sebelum menikah, dia itu mengaku duda. Makanya kami menikah," kata SR saat dikonfirmasi, Selasa 16 Mei 2023.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

SR menjelaskan, awal ia mengenal Ipda SA, dirinya sebagai perempuan sama sekali tak pernah menaruh curiga. Meski saat itu, ia hanya ditawari untuk menikah siri tanpa acara kedinasan seperti polisi pada umumnya. 

Menurut dia, Ipda SA, ketika itu punya dalih nikah dengan acara kedinasan akan dilakukan setelah pindah tugas ke Makassar. "Dia bilang kalau mau nikah kedinasan itu harus pindah tugas dulu," jelas SR.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Ilustrasi polisi.

Photo :
  • Istimewa.

Namun, bukan hanya pemalsuan dokumen yang diduga dilakukan Ipda SA. Ternyata, Ipda SA diduga juga menipu SR yang berstatus janda itu. Cara SA beberapa kali meminta uang dengan jumlah nominal yang besar. 

Dari bukti transferan, nominal uang Rp55 juta yang sudah dikirimkan SR kepada SA. Dalih Ipda SA yaitu ingin mengurus perpindahan tugasnya. 

"Saya dua kali kirimkan uang pada 2018 dengan jumlah Rp 20 juta. Kemudian, pada 2020 sebesar Rp35 Juta. Alasannya untuk mengurus pindah tugas," lanjut SR.

Pun, aksi tipu-tipu Ipda SA akhirnya terungkap setelah yang bersangkutan menyelesaikan pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP). Saat Ipda SA dilantik jadi perwira polisi, sebuah foto bersama istri sahnya pun tersebar.

Dari situ, SR mulai menyelidiki status Ipda SA. Ia sengaja mendatangi Dinas Catatan Sipil dan Pengadilan Agama di Luwu Banggai, Sulteng. 

Dia pun terkejut saat mengetahui dokumen yang digunakan Ipda SA untuk menikahinya adalah palsu. Akhirnya, SR membuat laporan polisi. Dia tak terima telah ditipu SA.

"Waktu itu ada foto bersama istrinya sampai ke saya. Karena saya sudah ditipu dan dibohongi, saya lapor polisi pada 2022 kemarin," ujarnya.

Penjelasan Polres Bone

Pihak Kepolisian Resor Bone yang dikonfirmasi terpisah membenarkan kelakuan Ipda SA. Kasi Humas Polres Bone, Ipda Rayendra, menyampaikan pihaknya sudah menerima dan menindaklanjuti laporan korban SR.

"Benar, laporannya ada dan sudah diproses," kata Ipda Rayendra saat dikonfirmasi, Rabu 17 Mei 2023.

Dia menjelaskan  saat ini Ipda SA sudah ditetapkan jadi tersangka dugaan penipuan dan pemalsuan dokumen. Namun, Ipda SA tak ditahan. Pun, berkas perkaranya dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke Kejaksaan.

"Sudah diproses hukum, terlapor ini sudah ditetapkan tersangka. Tapi belum ditahan. Pelapor dan terlapor dulu ini nikah siri. Mereka sama-sama tercatat orang Bone, cuma polisinya tugas di Polda Sulawesi Tengah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya