Hati-hati! Begini Modus Penipuan Penjualan Tiket Coldplay, Korban Rugi sampai Ratusan Juta

Polda Metro Jaya menangkap pelaku penipuan jastip tiket Coldplay
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA Metro – Polisi masih terus mendata jumlah korban penipuan pembelian tiket konser Coldplay. Beragam modus dilakukan untuk menipu warga yang berharap bisa beli tiket Coldplay.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Polda Metro Jaya sendiri mengaku ada beberapa laporan yang telah diterima pihaknya. Kepala Unit 2 Subdirektorat Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Polisi Charles Bagaisar mengatakan pelaku antara lain menawarkan jasa titip alias jastip, membeli tiket via media sosial, dan lain-lain.

"Ada juga penipuan dengan ngaku sebagai orang yang punya akses untuk penjualan tiket konser," ucapnya kepada wartawan, Rabu 31 Mei 2023.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

Konser Coldplay di GBK Jakarta resmi diumumkan

Photo :
  • IG @pkentertainment.id

Dia menjelaskan, jumlah korban yang melapor ke pihaknya cukup banyak. Mereka rugi dengan kisaran berbeda. Ada yang Rp 10 juta, puluhan juta, hingga ada yang mencapai ratusan juta. 

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

"Bisa dikatakan ada banyak. Kami masih dalami terkait dugaan pelaku yang sedang kami lakukan pengejaran," kata dia.

Charles menambahkan, pihaknya serius menangani dan mengungkap kasus penipuan tersebut. Sebagai bukti, mereka telah mengidentifikasi pelaku lain setelah sebelumnya telah menangkap dua orang pelaku.

"Tim sudah berangkat ke wilayah diduga tempat pelaku berada," katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, pasangan suami-istri berinisial ABF (22 tahun, laki-laki) dan W (24 tahun, wanita) ditangkap polisi buntut melakukan penipuan jastip jual-beli tiket konser Coldplay.

Caranya, mereka memakai akun Twitter @fintrove_id menawarkan para korbannya. Keduanya dicokok di kawasan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Hal tersebut diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis.

"Kami telah mengamankan dua orang yang mana mereka adalah melakukan penipuan terhadap masyarakat terkait penjualan tiket Coldplay," kata dia kepada wartawan, Senin, 22 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya