Geger Pembunuhan Sri Mulyani di Sambas, Oknum TNI Eks Pacar Korban Diduga Pelakunya

Kapendam XII Tanjungpura, Kolonel Infantri Ade Rizal Muharram
Sumber :
  • VIVA/Destriadi Yunas Jumasani

VIVA Kriminal – Polisi Militer (Pomdam) XII Tanjungpura menerima pelimpahan berkas pembunuhan terhadap Sri Mulyani, wanita muda yang ditemukan sudah menjadi kerangka di wilayah Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kalbar.

Sadis! Ibu Rumah Tangga di Garut Tewas Dibunuh, Anak Korban Luka Berat dan Motornya Dicuri

Berkas pembunuhan tersebut diserahkan Polres Sambas ke Pomdam XII Tanjungpura pada Minggu 4 Mei 2023 malam.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII Tanjungpura, Kolonel Infantri Ade Rizal Muharram menyebutkan, selain berkas perkara, barang bukti beserta terduga pelaku berinisial Y sudah diterima di Pomdam.

Kata-kata Terakhir Korban Alek Sebelum Tewas Dibunuh Secara Sadis

Terkait penyidikan kasus tersebut sudah diserahkan penuh kepada Pomdam sesuai ketentuan yang berlaku. "Barang bukti seperti baju, celana dalam, behel gigi, serta gelang sudah diterima Pomdam, namun untuk hasil autopsi memang belum diterima," jelasnya

Kapendam menyebutkan terkait dugaan keterlibatan Tamtama berinisial Y tersebut  belum dapat diungkapkan karena belum dilakukan penyidikan mendalam.

Polisi Ungkap Motif Pelaku Pembunuhan Kakek di Garut

Lokasi

Photo :
  • 1486090

Namun berdasarkan pemeriksaan awal, memang diketahui Y yang bertugas di salah satu satuan di Sambas tersebut merupakan mantan pacar dari korban.

"Pomdam akan segera melakukan pemanggilan kepada para saksi dari pihak korban dan saksi ahli termasuk saksi ahli forensik yang mengidentifikasi kerangka korban," tuturnya.

Langkah cepat Pomdam untuk mengamankan Y disebutkan Kapendam untuk mempermudah proses penyidikan dan mencegah Y melarikan diri jika terbukti benar sebagai pelaku.

"Jika Y terbukti bersalah maka akan diproses secara hukum, jika tidak maka Y akan dibebaskan," tuturnya.

Kapendam menegaskan sesuai petunjuk Panglima TNI untuk menindak tegas Y apabila terbukti bersalah untuk ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku dengan sanksi hukuman seberat beratnya.

Sebelumnya, warga Sambas dikejutkan dengan penemuan kerangka manusia di Desa Sebunga, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim) Polres Sambas AKP I Ketut Agus Pasek Sudina saat dikonfirmasi membenarkan penemuan kerangka tersebut dan sedang diselidiki oleh pihaknya.

Agus mengatakan untuk mengungkapkan identitas jenazah yang ditemukan tersebut Polres Sambas mengirimkan sampel DNA jenazah ke Jakarta.

"Untuk korban, memang mengarah ke seorang warga Pontianak yang dikabarkan menghilang beberapa waktu lalu, cuma untuk pastinya kita akan bawa sampel deoxyribonucleic acid (DNA) ke Jakarta untuk dicocokkan," jelas Agus pada Sabtu 3 Juni 2023.

Sementara itu, seorang warga Kota Pontianak bernama Yuliansyah (31) mengatakan dari ciri-ciri yang dilihatnya pada jenazah tersebut merupakan adiknya bernama Sri Mulyani.

Dilihat dari behel dan gelang yang ditemukan di lokasi penemuan, dikatakan Yuliansyah sama dengan yang terakhir adiknya gunakan sebelum pergi dari rumah tanpa kabar sejak Desember 2022.

Belakangan diketahui bahwa Sri Mulyani ke Sambas untuk menemui mantan tunangannya yang merupakan anggota TNI dan sedang bertugas di Sambas.

Sejumlah kejanggalan pun dirasakan pihak keluarga selama pencarian korban sejak Desember 2022. Mulai dari korban yang sulit dihubungi hingga mantan tunangan korban yang memberikan nomor Malaysia.

"Saat itu dikatakannya nomor yang diberikan tersebut merupakan nomor korban yang sedang bekerja di Malaysia," jelas Yuliansyah.

Namun anehnya meski keluarga sering berkomunikasi dengan nomor tersebut melalui pesan teks, tetapi nomor yang dihubungi tersebut selalu menolak untuk di telepon apalagi untuk panggilan video.

Atas informasi tersebut, Kodam XII Tanjungpura bergerak cepat dengan mengamankan seorang anggota TNI berinisial Y, yang diduga merupakan mantan tunangan korban. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya