Ngaku Pengusaha, Penyewa Rumah Dino Patti Djalal Namanya Julio Saputra

Dino Patti Djalal
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Pria yang menyewa rumah mantan Duta Besar (Dubes) RI untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal mengaku sebagai seorang pengusaha bernama Julio Saputra.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

"Dia bilang dia dari Lampung, dari luar kota terus dia ada bisnis keluarga. Dia bilang dia pengusaha," ujar Dino kepada wartawan, Kamis 31 Agustus 2023.

Kata Dino, rumahnya disewa seharga Rp350 juta untuk satu tahun. Yang bersangkutan mulai menempatinya bulan Februari 2023. Dino mengaku tidak menaruh curiga saat pertama. Dia mengatakan, Julio adalah anak muda berpenampilan rapi dan baik-baik saja.

Ribuan Rumah dan Ratusan Hektare Sawah di Tasikmalaya Terendam Banjir

"Iya benar bertemu langsung. Normal kayak orang anak muda biasa, dia pinter milihnya yang kelihatan kredibel, orang yang rapi. Dia nggak kelihatan kayak preman," kata dia.

Dino Patti Djalal

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Bea Cukai Yogyakarta Beri Izin Tambah Lokasi Usaha untuk Produsen Tembakau Iris Ini

Julio, lanjut Dino, mengaku menyewa rumah tersebut untuk ditempatinya sendiri. Tapi, belakangan rumah itu diduga jadi markas markas online scammer. Hal itu merujuk temuan di kediamannya saat Julio kabur dari sana. Didapati puluhan kasur dan fentilasi udara tertutup peredam suara.

"(Sewa) Untuk dia sendiri. Pokoknya yang jelas yang ada di rumah saya setelah dia masuk ngontrak itu, itu jelas orang jahat, nggak ada penjelasan lain, karena nggak wajar 30 orang tinggal dalam satu rumah, ada 30 kasur. Semuanya ditutup peredam suara, dan tidak ada satupun furniture, nggak ada kursi nggak ada lemari," ujar Dino.

Lebih lanjut dia mengatakan, berdasar keterangan tetangga, nyaris tidk ada aktivitas di rumah pada siang hari. Petugas keamanan pernah melihat tiga orang di rumahnya berperawakan seperti Warga Negara Asing.

"Mereka nggak pernah keluar rumah. Kayak penjahat yang disiplin. Jadi kan di depan rumah itu ada penjaga, dia selalu lihat ada 3 orang, tampaknya bukan Indonesia, imigran dari luar, mereka suka di luar, 2 3 orang. Selebihnya tinggal di dalam gak berani keluar," kata dia lagi.

Sebelumnya diberitakan, mantan Duta Besar (Dubes) RI  untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal kembali mengalami kejadian tidak mengenakan terhadap kediamannya. Jika dulu rumahnya jadi sasaran mafia tanah, kini kediamannya yang ada di Kemang, Jakarta Selatan diduga dipakai untuk tempat penipuan.

Hal ini dibagikan Dino lewat akun Instagram miliknya @dinopattidjalal. Dia menyebut rumahnya yang disewakan kepada para pelaku diduga dibuat jadi tempat penipuan online.

"Keluarga kami mengalami kejadian buruk. Salah satu rumah keluarga yang disewakan ternyata dijadikan tempat operasi sindikat penipuan online. Dari jumlah tempat tidur yang terlihat, rumah ditinggali sekitar 30 orang," demikian seperti dikutip, Senin 28 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya