Maling Motor di Cililitan Diamuk Massa sampai Babak Belur, Polisi Ungkap Kronologinya

Ilustrasi pelaku
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Jakarta – Seorang pria berhasil diamankan oleh warga karena diduga maling motor di rumah makan di kawasan Cililitan, Jakarta Timur. Diduga, pelaku maling motor itu langsung diamuk warga saat diamankan bahkan hingga ditelanjangi.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Berdasarkan video yang tersebar dan telah dilihat pada Minggu 3 September 2023, terlihat sejumlah warga sudah mengamankan terduga pelaku maling itu. Bahkan, kondisi terduga maling itu sudah dalam tanpa mengenakan pakaian.

Kapolsek Kramat Jati Kompol Rusit Malaka menjelaskan bahwa saat ini polisi sudah menerima laporan tersebut. Dia menyebutkan bahwa kejadian itu terjadi pada Minggu 3 September 2023 sekira pukul 01.00 WIB dini hari.

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi

Di TKP, kata Rusit,  polisi berhasil mengamankan terduga maling berinisial Z itu. Dia diamankan sudah dalam kondisi babak belur, selanjutnya polisi yang datang ke lokasi langsung melerai warga agar tidak semakin membabi buta.

Ilustrasi pencurian sepeda motor

Photo :
  • ANTARA/Abd Aziz
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

"Sesampainya di TKP, sudah ramai massa dan di dalam kerumunan massa tersebut terdapat seorang laki-laki dalam keadaan babak-belur (luka-luka), yang diduga sebagai pelaku curanmor roda dua, guna antisipasi hal yang tidak diinginkan terduga pelaku tersebut langsung dibawa ke Polsek Kramatjati," ujar Rusit saat dikonfirmasi wartawan, Minggu, 3 September 2023.

AH selaku korban pencurian motor itu mengatakan,  motor dia dicuri saat dirinya hendak pergi ke toko temannya, di lokasi Z mencuri motor itu. Korban kemudian meninggalkan motornya di depan toko dalam kondisi tidak dikunci setang. 

"Langsung memarkirkan motornya di depan toko parfum dalam keadaan tidak dikunci setang. Setelah itu saudara AH (korban), izin makan di dalam toko parfum," ujanya.

Selanjutnya, teman AH, kata Rusit, melihat Z tengah mendorong motor milik AH. Sontak saksi pun berteriak maling hingga pelaku tertangkap dan diamuk massa. 

"Terduga pelaku langsung menjatuhkan motor AH dan langsung berusaha melarikan diri. Kemudian F (saksi) berusaha mengejarnya sambil berteriak 'Maling..maling..' sehingga warga yang berada di sekitar lokasi kejadian pun ikut mengejarnya dan orang tak dikenal tersebut (terduga pelaku) berhasil ditangkap di depan rumah makan dan langsung dihakimi oleh massa," kata dia. 

Rusit menambahkan, saat ini terduga pelaku sudah diamankan di Polsek Kramat Jati. Pihak kepolisian saat ini masih melakukan pendalaman terkait peristiwa yang ada. 

"Menghimbau massa atau warga yang berada di sekitar TKP agar tidak melakukan perbuatan anarkis (main hakim sendiri). Mengamankan terduga pelaku berikut dan barang bukti," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya