Heboh Pencurian Kambing Modus Sisakan Jeroan di Depok, Begini Kesaksian Mengerikan Warga

Warga Depok tengah memantau kambing ternaknya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama

Depok - Warga di Kelurahan Curug, Bojongsari, Depok tengah heboh karena diresahkan dengan pencurian kambing yang modusnya cuma disisakan jeroan. Pencurian ini sudah sering terjadi di Bojongsari.

Puting Beliung Kembali Terjang Pemukiman di Bandung

Terbaru, peristiwa terjadi di Jalan Pelopor II RT. 2 RW. 8 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari. Pun, dari sekian kali kejadian, akhirnya pelaku bisa ditangkap  saat mencuri.

Namun, sejauh ini, baru satu pelaku yang berhasil diamankan. Sementara, komplotannya masih berkeliaran. Kondisi itu membuat peternak kambing resah dan khawatir kejadian serupa bisa terulang.

Hendak Beli Makan Malam, Pemuda Tewas Dibacok Gangster di Duren Sawit

Juri (48), korban pencurian kambing menceritakan, beberapa hari lalu kandang kambingnya disatroni kawanan pencuri. Menurut dia, pelakunya berjumlah empat orang dengan menggunakan motor.

Dia mengatakan, satu pelaku dipergoki warga sedang menyembelih kambing di dekat kandang.

Krisis Baru di Perbatasan Thailand: Wajib Militer Myanmar Picu Eksodus Besar-besaran

“Yang lihat mah tetangga saya sekitar jam 03.00 WIB. Dia lihat di kandang kambing saya ada orang dan lampu HP. Tetangga saya agak menjauh dari kandang dan baru teriak maling pas lihat ada orang nongkrong,” kata Juri, Rabu, 6 Desember 2023.

Pemilik kambing Warga Depok Paryono Jarwo menunjukkan lokasi kejadian pencurian.

Photo :
  • Rahmad Ari Prakoso (Depok)

Warga yang dengar teriakan itu langsung menghampiri arah suara dan menuju kandang kambing. Saat itu, ada satu orang di kandang yang hendak kabur namun berhasil ditangkap warga.

“Teman-temannya kabur pakai motor. Yang ketangkep satu orang yang di kandang lagi nyembelih,” ujarnya.

Menurut dia, juri baru tahu kejadian mengerikan itu setelah warga ramai berkumpul. Pelakunya juga sudah menyembelih dua ekor kambing. Sementara, dagingnya dimasukkan ke dalam karung.

Lalu, satu ekor kambing juga dimasukkan karung dalam kondisi hidup.

“Yang disembelih dua ekor, satu dimasukkan dalam karung masih hidup. Kalau di kandang ada 14 ekor,” katanya.

Dia menceritakan, sudah beberapa kali pencurian dengan modus tersebut terjadi di Bojongsari. Bahkan, sebelumnya ada pencuri yang menyembelih hingga 12 ekor kambing dan hanya disisakan jeroan.

“Dulu ada yang hilang sampai 12 ekor. Banyak sih di sini. Setahun nggak bisa diperkirakan berapa kali, kan mereka pindah-pindah," lanjut Juri.

"Kalau orang lupa sama enggak waspada aja baru nanti beraksi lagi," tuturnya.

Ia menambahkan, sebelum kejadian, warga sudah curiga karena ada orang tak dikenal berpura-pura cari rongsokan pada siang hari. Kemudian, pencurian terjadi malam dan dini hari.

“Katanya siangnya ngeliat (orang asing), malamnya kejadian. Ada orang tidak dikenal nyari-nyari rongsok di dekat kandang. Cuma kita tidak bisa menyangka itu dia,” katanya.

Dia juga mengaku heran kambingnya tak bersuara saat disembelih. Dia menduga pelakunya menggunakan ilmu sirep agar kambing tidak bersuara. “Ya mungkin pakai sirep atau bius ya ngga tahu juga,” tuturnya.

Sementara, Ketua RT 02, RW 07 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, Andi membenarkan adanya aksi pencurian kambing dengan modus seperti itu. Dia mengaku heran pelaku bisa menyembeli kambing dengan sangat cepat tanpa diketahui orang dan suara kambing.

“Kita juga ngga tahu tahu caranya apa dan bagaimana menangkalnya. Kalau ada maling yang tertangkap kan bisa diungkap biar pemilik kambing bisa antisipasi,” ujarnya.

Adapun Kaur Humas Polres Metro Depok, Iptu Made Budi menuturkan satu pelaku yang sudah diamankan atas nama Alan. Kata dia, untuk pelaku lain masih dalam pengejaran.

“Pelaku Alan berhasil ditangkap dan dibawa ke polsek beserta barang bukti. Sedangkan tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran,” kata Iptu Made.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya