Banjir Mulai Surut, Begini Kondisi Terbaru Kampung Pulo

Banjir di Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu, 7 Februari 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Banjir yang merendam kawasan Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur saat ini mulai surut, setelah Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mengerahkan sejumlah pompa untuk menyedot air.

40 RT dan 5 Ruas Jalan Jakarta Masih Terendam Banjir

Pantauan di lokasi, air yang menggenangi Kampung Pulo saat ini setinggi sekira satu meter atau sepinggang orang dewasa. Sedangkan genangan Jalan Jatinegara Barat sudah tidak ada. Jalan Jatinegara Barat yang sempat ditutup sudah dibuka dan dapat dilalui kendaraan.

Kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur

Petugas Gabungan Pasang Bronjong di Tanggul Jebol Kali Hek Kramat Jati

Banjir mulai surut di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Saat ini, petugas Dinas Sumber Daya Air dibantu warga sekitar, masih terus melakukan penyedotan air. Namun proses penyedotan tersebut sedikit terganggu akibat banyaknya sampah di lokasi.

28 RT di Jakarta Terendam Banjir, Hek Kramat Jati Mulai Surut

"Kami bantu petugas tata air. Angkatin sampah. Jangan sampai sampah bikin nyangkut, jadi kami pinggirkan," kata seorang warga Edy, di Kampung Pulo, Rabu, 7 Februari 2018.

Saat banjir, menurut Edy, tidak hanya air yang memenuhi kawasan sekitar. Tetapi sampah juga cukup banyak terbawa ke kawasan yang sudah dia tinggali puluhan tahun tersebut.

Kawasan Kampung Pulo, Jakarta TimurBanjir di kawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Meski keadaan saat ini tidak cukup baik, ia tetap tak mau mengungsi. Ia memutuskan bertahan di rumah untuk mengamankan harta bendanya. "Di rumah aja. Ini sebentar palingan. Mudah-mudahan nanti sore atau malam enggak ujan. Jadi bisa cepat surut," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya