Underpass Soetta Roboh, BPK Diminta Telusuri Kerugian Negara

Underpas Perimeter usai longsor.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.co.id

VIVA – Polda Metro Jaya terus menggali informasi dugaan kerugian negara terkait pembangunan underpass jalur parimeter selatan Bandara Soekarno  Hatta, Banten, yang roboh beberapa waktu lalu. Untuk menemukan datanya, penyidik menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan.

Konstruksi Tol Cibitung-Cilincing Ambruk, 8 Pekerja Luka-luka

BPK diminta menelisik proses pelaksanaan kerja yang dilakukan oleh PT Waskita Karya. "Dalam prosesnya kan kita enggak sendiri tapi kita dibantu tim audit dari teman-teman BPK ya," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan Jayamarta, Kamis 15 Maret 2018.

Selain BPK, polisi juga tengah menunggu hasil pemeriksaan peristiwa robohnya underpass itu dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi. Nantinya laporan itu akan menyimpulkan, apakah ada indikasi kecerobohan atau masalah teknis pada proses pembangunan.

Jembatan Kali Kuto Runtuh, PUPR Evaluasi Kerja Kontraktor

"Nah itu yang nanti oleh ahli dijelaskan kepada kami," kata dia.

Penyelidikan terhadap robohnya underpass jalur perimeter bandara Soetta terus dilakukan.  Kamis pekan lalu, 8 Maret 2018, polisi memeriksa tujuh orang terkait dugaan korupsi pembangunan underpass jalur perimeter selatan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Kasus Korupsi Underpass Bandara, Polisi Akan Periksa Saksi dari PT KAI

Polisi tak menyebutkan terperinci tentang orang-orang yang diperiksa, namun mereka meliputi perusahaan penyedia jasa, konsultan pengawas, dan pemilik proyek. Selain memeriksa orang-orang yang mengetahui proyek tersebut, dokumen dari PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek yang berkaitan dengan anggaran ikut diteliti.

"Itu semua kami periksa untuk melakukan penyelidikan lanjutan akan dugaan ini," kata Ajun Komisaris Besar Polisi Ferdi Iriawan, Kepala Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Polda Metro Jaya, saat dikonfirmasi pada Kamis, 8 Maret 2018.

Direktur Utama PT Waskita Karya, Destiawan Soewardjono.

Destiawan Soewardjono Diangkat Lagi Jadi Dirut Waskita Karya, Begini Jejak Karirnya

Destiawan Soewardjono kembali diangkat sebagai Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2023