Antara FPI, Kartun Tempo dan Adegan Rangga Cinta di AADC 2

Adegan Rangga dan Cinta di Film AADC 2.
Sumber :
  • Repro Youtube

VIVA – Organisasi masyarakat Front Pembela Islam atau FPI  mengaku merasa tersinggung dengan kartun Majalah Tempo, edisi 26 Februari 2018.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

FPI menilai, kartun bergambar pria berjubah putih dan seorang wanita yang sedang duduk berdua satu meja itu, telah menyinggung imam besar FPI, Habib Rizieq Syihab.

"Kami jelas tersinggung, itu menyinggung ulama kami, menyinggung guru kami dan menuntut majalah Tempo untuk minta maaf secara tertulis," kata Panglima FPI Ustaz Maman Suryadi.

Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024

Tidak diketahui apa alasan FPI tersinggung dengan kemunculan kartun itu. Sebab, jika dilihat secara seksama, kartun itu tidak menggambar wajah Habib Rizieq dan juga memajang simbol-simbol FPI.

Pada kartun itu hanya ada nama pembuat kartun yakni Yuyun Nurrachman dan dua kalimat yang seolah sedang diucapkan pria dan wanita di kartu tersebut. Pria berjubah itu dituliskan mengucapkan 'Maaf... Saya tidak jadi PULANG'. Dan wanita itu menjawabnya, 'yang kamu lakukan itu JAHAT'.

Top Trending: Kisah Jenderal Agus Subiyanto, Sosok Aiptu FN hingga Istri Baru Habib Rizieq

Baca: Ini Lho Kartun Tempo yang Bikin FPI Tersinggung

Kartun Majalah Tempo.

FOTO; Kartun Tempo edisi 26 Februari 2018.

Malahan berdasarkan pengamatan VIVA, Jumat, 16 Maret 2018, apa yang tergambar dalam kartun Tempo ini, lebih mirip salah satu adegan penting dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2.

Yakni pada scene ketika Rangga yang diperankan Nicholas Saputra dan Cinta yang diperankan, Dian Sastro Wardoyo, bertemu kembali setelah sekian lama berpisah.

Memang dalam film ini Rangga tidak memakai jubah seperti pria di dalam kartun. Hanya saja, penampilan wanita di kartun dengan penampilan Cinta ketika bertemu Rangga, ada kemiripan. Seperti baju merah tanpa lengan dan scarf yang dikenakan Cinta dan cara Cinta duduk di kursi.

Kemiripan lainnya ialah kalimat yang diucapkan Cinta kepada Rangga dan kalimat yang diucapkan wanita di kartun kepada pria berjubah.

Wanita pada kartun mengucapkan kalimat 'yang kamu lakukan itu JAHAT'. Sementara Cinta mengatakan pada Rangga, 'Apa yang kamu lakukan ke saya itu, jahat'.

Baca:Dianggap Hina Habib Rizieq, FPI Bakal Datangi Tempo

Lihat cuplikan film AADC 2 berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya