Malam Ini, Lampu Ikon Jakarta Dipadamkan Satu Jam

Earth Hour di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.
Sumber :
  • Ikhwan Yanuar

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan global, Earth Hour, pada Sabtu, 24 Maret 2018. Terkait kampanye hemat energi itu, lampu ikon-ikon di Kota Jakarta akan dipadamkan selama satu jam. 

Peringatan Earth Hour 2024, Kembali Padamkan Lampu Selama 90 Menit

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, lampu akan dimatikan selama satu jam di ikon kota Jakarta, yaitu Gedung Balai Kota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang, dan Simpang Susun Semanggi.

"Lampu akan dimatikan selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 WIB. Kami juga memadamkan lampu di bangunan-bangunan pemerintah, yaitu kantor wali kota dan bupati, kantor kecamatan, dan kantor dinas," kata Isnawa, Jumat, 23 Maret 2018.

Workshop Baju Bekas dan Santunan Anak Yatim Meriahkan Momen Earth Hour 2023

Menurut Isnawa, emisi gas rumah kaca di Jakarta tahun 2015 dan 2016, sumber terbesar berasal dari listrik. Lantaran itu, Jakarta telah berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca dalam Rencana Tata Ruang Wilayah 2030 dan Pergub Nomor 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Aksi-aksi terkait efisiensi energi juga sudah dilakukan, mulai dari mengganti lampu penerangan jalan umum dengan LED ramah lingkungan di 185.000 titik. Selain itu, efisiensi energi di gedung dengan mengeluarkan grand design of green building juga diimplementasikan di Jakarta.

Sejumlah Jalan di Jakarta Akan Gelap Selama Satu Jam Malam Ini

Pada 2017, kampanye Earth Hour di Jakarta mampu menghemat biaya hingga Rp172,4 juta dan berhasil mereduksi emisi gas rumah kaca 112,69 ton CO2 ekuivalen. "Hal ini membuktikan bahwa hanya dengan memadamkan lampu satu jam, banyak penghematan yang kita dapatkan," ujarnya.

Pemadaman lampu selama satu jam ini merupakan aksi simbolis yang berisi pesan edukasi, untuk meningkatkan rasa kesadaran warga agar menghemat energi. 

Isnawa  menyampaikan, aksi pemadaman lampu ini sesuai dengan Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 28 Tahun 2018 tentang Pemadaman Lampu Pada Pelaksanaan Kampanye Earth Hour 2018.

"Kami berharap warga Jakarta juga untuk ikut melaksanakan aksi pemadaman lampu selama satu jam," ujar Isnawa. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya