Hadiri Perayaan Paskah, Anies: Monas Milik Semua

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Irwandi Arsyad

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa lapangan Monumen Nasional (Monas) yang dikelola Pemerintah Provinsi DKI sejatinya merupakan fasilitas publik yang dimiliki semua kalangan.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Hal itu menjadi sebab Anies memperbolehkan Monas digunakan untuk berbagai acara, termasuk perayaan Paskah bersama yang diselenggarakan Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang sedang ia hadiri.

"Monumen Nasional adalah monumen kebangsaan milik semuanya," ujar Anies di Monas, Jakarta Pusat, Minggu, 1 April 2018.

Minggu Palma Jelang Paskah, Israel Larang Umat Kristen Gaza Pergi ke Gereja

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menyampaikan, di masa kemerdekaan, lapangan IKADA yang merupakan cikal bakal Monas, adalah tempat dimana para pejuang berkumpul untuk merayakan kemerdekaan yang didapat dari tangan penjajah.
Dengan demikian, merupakan hal yang lazim pula jika masa kini, lapangan Monas dibuka untuk semua kalangan guna menyelenggarakan acara-acara mereka.

"Lapangan ini adalah lapangan yang digunakan untuk pertama kali rakyat Indonesia berkumpul sesudah kemerdekaan," ujar Anies.

Siapkan Single Religi Terbaru, Uci Flowdea Ungkap Kesaksiannya

Lebih lanjut, menurut Anies, tindakannya sekaligus realisasi dari semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika'. Rakyat yang berasal dari beragam kalangan dan latar belakang memiliki hak yang sama untuk berada di Monas.

"Keberagaman adalah kenyataan, keberagaman adalah fakta, sesuatu yang kita bawa sejak kita lahir. Jadi pesan utamanya adalah persatuan, karena persatuan inilah yang menjadikan Indonesia," ujar Anies.

Hari Paskah

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

Di negara kita, Hari Paskah juga dinamakan sebagai Hari Kenaikan Yesus Kristus dan Hari Kebangkitan Isa Almasih yang dirayakan setiap tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024