Gawat, 370 Meter Terumbu Karang di Pulau Pari Rusak

Wisata Alam di Kepulauan Seribu Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/R. Rekotomo

VIVA – Terumbu Karang di perairan Pulau Pari rusak akibat tertabrak kapal Gandha Nusantara yang berlayar dari Banjarmasin menuju Pulau Tidung. Peristiwa ini terjadi pada hari Sabtu 5 Mei 2018.

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Anggota Daerah Perlindungan Laut Berbasis Masyarakat (DPL -BM) Pulau Pari, Hasyim, mengungkapkan pihaknya menerima laporan tersebut pada Sabtu malam.

"Telah terjadi kerusakan terumbu karang di Pulau Pari akibat tertabrak lap Gandha Nusantara 15 GT (Gross Tonnage) 92, terima laporan Sabtu malam sekitar jam 19.15 WIB," kata Hasyim saat dikonfirmasi, Senin siang, 7 Mei 2018.

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Menurut Hasyim, Pada hari minggu, 6 Mei 2018, warga yang terwakili oleh pengurus DPL-BM Pulau Pari telah meninjau lokasi tersebut. Diketahui lokasi kerusakan berada pada titik koordinat; lintang -5.8521364 dan bujur 106.6371015 di sisi timur pulau,

"Jadi hingga hari ini kapal tersebut masih kandas dan telah mengkibatkan kerusakan pada terumbu karang hidup yang diperkirakan seluas 370 M2 di sekitarnya," ujarnya.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Terumbu karang di Pulau Pari rusak

Menanggapi adanya hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, akan mengambil tindakan tegas. Sebab, terumbu karang yang ada di Kepulauan Seribu merupakan sebuah aset berharga yang akan dipromosikan oleh Pemprov ke mata dunia.

"Harus ada sanksi dan itu harus sesuai dengan ketentuan kita akan tegas saja. Saya capek-capek berenang 1 kilo hari Sabtu sama Ibu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) 1 kilo lagi hari Minggunya untuk mempromosikan terumbu karang," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya