Cegah Pengemis Berdatangan, Warga Diminta Tak Beri Uang

Para pengemis di klenteng di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

VIVA – Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau kepada masyarakat Jakarta. agar tidak memberikan uang kepada pengemis. Sebab, hal itu justru akan membuat pengemis semakin banyak.

Ayu Ting Ting Disebut Pelit ke Pengemis, Ayah Rozak Bereaksi

"Ya, itu sudah saya sampaikan bahwa saya imbau kepada warga untuk tidak memberikan, karena kan kalau memberikan semakin banyak yang datang," kata Sandiaga di Balai Kota DKI, Rabu 23 Mei 2018.

Sandiaga mengatakan, selama ini para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) memanfaatkan belas kasih warga. Tak jarang mereka ketagihan, karena jumlah yang didapat dari mengemis cukup banyak.

Viral, Kurang Setoran Ngemis Nenek Jambak dan Tampar Cucu Pakai Tas

"Kami akan tangani mereka yang datang ke sini. Tapi banyak juga yang berprofesi sebagai peminta-minta dan mereka bisa mengumpulkan dana yang luar biasa, oleh karena ada kepedulian masyarakat yang tidak tersalurkan," ujarnya.

Masyarakat diminta menyalurkan kepedulian mereka kepada lembaga yang sudah terpercaya untuk mengurus dana sosial. Hal itu dinilai lebih baik dan lebih tepat sasaran.

Satpol PP Semarang Razia Gelandangan Malah Temukan 8 PSK

Sandiaga juga menginstruksikan kepada jajarannya di Dinas Sosial, untuk bekerja keras menangani PMKS. Biasanya, situasi Ramadan dan lebaran banyak warga kurang mampu yang mengalami kesulitan. Dia ingin semua warga tertangani, sehingga tidak ada warga yang meminta-minta atau pun menjadi pengemis.

"Selama bulan-bulan yang krusial ini  sangat menentukan di minggu-minggu terakhir sebelum memasuki hari Lebaran, ini harus kita pastikan tidak ada warga yang tidak tertangani. Jadi, Dinas Sosial kerjanya harus lebih ekstra keras," ujarnya.

Kang Dedi Bongkar Pengemis Pura-pura Cacat dan Punya 2 Motor (Instagram/viralkak

Viral Kang Dedi Bongkar Pengemis Pura-pura Cacat dan Punya 2 Motor

Video seorang pengemis pura-pura cacat viral di media sosial. Kang Dedi membongkarnya, pengemis itu sehat dan punya 2 motor.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2021