DKI Tak akan Tolerir Pungli

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Gadis Neka Osika

VIVA –  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengapresiasi penangkapan pelaku pungli di dekat Mal Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sandiaga menegaskan tidak ada kompromi untuk pungli.

Kick Off PPDB Jabar 2024, Bey Machmudin: Tak Ada "Titip Titipan"

"Harus ditindak tegas, karena pungli no compromise (tak ada kompromi), enggak boleh ada pungli," kata Sandiaga, di Bekasi Timur, Jawa Barat, Minggu 3 Juni 2018.

Sandiaga menegaskan pungli di Jakarta harus ditindak tegas. Sebab, pungli sangat merugikan pemerintah, khususnya berkaitan dengan keuangan daerah. "Semua (retribusi) harus masuk ke kas daerah, pungutan-pungutan liar harus kita hentikan," ujarnya.

Aturan Tembakau RPP Kesehatan Dikritik, Aprindo: Rawan Pungli

Untuk mengawasi terhadap praktek pungli, Sandiaga mengatakan, akan melibatkan Dinas Perhubungan DKI dan Satpol PP. Nantinya petugas Dishub DKI dan Satpol PP akan disiagakan di sekitar Thamrin City. "Untuk melihat kalau ada pengumpulan dana kalau di luar ketentuan ya harus dilaporkan," katanya.

Sebelumnya, kepolisian mengungkap aksi pungli di dekat Mal Thamrin City. Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono, mengatakan ada tiga pelaku yang ditangkap. Tiga orang tersangka itu yakni Nurtaman (39 tahun), Erwan Susilo (31), dan Amat (40). Ketiganya merupakan warga Tanah Abang, Jakarta Pusat.

KPK Optimis Praperadilan Mantan Karutan Akan Ditolak Hakim

Aksi pungli tersebut sebelumnya viral. Sebuah video  tentang pengendara mobil disetop sejumlah orang di dekat Thamrin City, Jakarta Pusat, viral di media sosial. Disebutkan orang-orang tersebut meminta bayaran (pungli) dengan dalih retribusi.

"Tersangka melakukan pemerasan terhadap kendaraan-kendaraan umum yang melintas di TKP, memaksa harus membayar," kata Lukman.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro. Muhammad AR/VIVA

Libur Panjang, Wisatawan Bisa Hubungi Kapolres Bogor Jika Kena Pungli Preman

Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro mengajak wisatawan melaporkan jika kedapatan terkena pungli oleh preman atau Ormas saat berwisata ke wilayah Kabupaten Bogor, Jawa.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024