Gadis-gadis Pencari Uang Jajan di Ragunan

Mahasiswi yang bekerja di Ragunan.
Sumber :
  • Reza Fajri -VIVA

VIVA – Di masa libur Lebaran ini, Taman Margasatwa Ragunan memakai tenaga bantuan dari luar untuk membantu operasional kebun binatang. Terdapat sekitar 200 tenaga bantuan dari umum yang dipakai pada musim libur lebaran tahun ini.

Kebun Binatang Ragunan, Informasi Harga Tiket, Lokasi & Fasilitasnya

"Iya, banyak dari kalangan mahasiswa, ada juga dari umum, artinya organisasi yang sudah punya kepercayaan dengan Ragunan, misalnya dengan Pramuka," kata Pengawas Pusat Pelayanan Informasi, Bambang Wahyudi, ketika ditemui di Ragunan, Jakarta Selatan, Senin 18 Juni 2018.

Seleksi tenaga bantuan dilakukan sejak beberapa minggu sebelum masa Lebaran. Sejumlah syarat administrasi harus dipenuhi seperti KTP DKI Jakarta dan juga rekening Bank DKI.

Dua Harimau Sumatera di Ragunan Membaik, Segera Diswab Ulang

"Harus buka rekening Bank DKI, mereka kan dapat honor ya, nanti ditransfer. Sebelum puasa sudah banyak peminat. Bekerja mulai hari kedua lebaran, hari pertama masih karyawan sini," ujar dia.

Gabriella, mahasiswa dari Universitas Indraprasta mengaku berminat jadi tenaga bantuan untuk menambah-nambah uang saku. Dia bekerja dari jam 06.30 hingga jam 17.00 atau 18.00.

17 Ribu Pengunjung Penuhi Ragunan di Libur Hari Lahir Pancasila

"Lumayan buat uang jajan, buat nambah-nambah, kan lagi libur juga. Awalnya diinfokan teman, mau enggak kerja di sini," ucap gadis berusia 22 tahun ini.

Hal senada juga disampaikan Puti, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta. Selain honor, dia juga berminat bekerja di sini karena ingin mengisi masa-masa liburan kuliahnya.

"Saya ditempatkan di bagian informasi, bagian saya itu untuk announce berita kehilangan orang, atau barang ditemukan," ujar Puti.

Puti menjelaskan, saat dirinya telah memenuhi persyaratan adminstrasi, dia kemudian tinggal menunggu pengumuman dari pihak Ragunan. Sementara mengenai besaran honornya, dia mengaku kurang tahu.

"Kami bertugas H plus 2 Lebaran, hari Sabtu kemarin, sampai 24 Juni. Kalau soal honornya saya kurang tahu," kata mahasiswi semester 6 ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya