Hilangkan Bau, Kali Item Kemayoran Disempot Nano Bubble

Kali Sentiong atau Kali Item yang ditutup jaring.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Purnama Rachmani

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, masih berupaya untuk membersihkan Kali Sentiong atau Kali Item, yang berada dibelakang Wisma Atlet Kemayoran.

Petugas PPSU Hilang 3 Hari, Ternyata Tewas dan Mengambang di Kali Item

Beragam upaya dilakukan Pemprov, untuk menghilangkan bau di Kali Sentiong. Selain dengan memasang jaring sepanjang 689 meter, pemerintah juga menyemprotkan beberapa zat kimia, untuk menjernihkan kali yang berwarna hitam dan menghilangkan bau tak sedap.

Wakil Ketua Umum INAPGOC, Sylviana Murni mengatakan, ia bersama Pemprov sudah melakukan rapat dengan PD PAL untuk menanggulangi aroma bau secepatnya.

Habiskan Lebih dari 1 Miliar, Dua Karya Anies Akhirnya Dibongkar

"Kita bersama-sama sudah koordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta, di bawah koordinasi asisten pembangunan. Kita juga sudah koordinasi dengan DLH, DSDA, PD PAL, dan Dirut Tata Ruang. Kira-kita, nanti kita konsentrasinya agar pada saat itu tidak bau," ucap Sylviana di Kawasan Kemayoran, Senin 30 Juli 2018.

Selain itu, Sylviana juga mengatakan, bekerja sama dengan Lion's Club dan LIPI untuk menyemprotkan alat jenis Nano Bubble.  

2 Buah Ini Bisa Ciptakan Deterjen Ramah Lingkungan, Mudah dan Murah

Untuk diketahui, Nano Bubble adalah alat untuk membersihkan danau atau sungai yang ada di Jakarta, dengan cara membuat bakteri yang berada di dasar danau bekerja lebih aktif.

"Kira-kira, nanti kita konsentrasinya agar pada saat itu tidak bau. Kita juga bersyukur banyak sukarelawan yang gabung terutama LIPI, dia juga akan ngasih micro bubble atau nano bubble," kata dia.

Sylviana juga menjelaskan, jika teknologi yang akan digunakan dan dibantu dengan mikroorganisme, akan mempercepat pembersihan Kali Sentiong.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya