Pemkot Jakarta Utara Bakal Tanam Eceng Gondok di Kali Item

Kali Sentiong alias Kali Item di dekat Wisma Atlet Asian Games.
Sumber :

VIVA – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara terus melakukan pembersihan sungai yang berada di daerah itu. Salah satunya dengan memanfaatkan tanaman eceng gondok. 

Sungai Batanghari Jambi Tercemar Sampah dan Eceng Gondok

Akar eceng gondok dianggap dapat menyerap kondisi air tidak bersih di danau atau sungai di wilayah itu, sehingga nantinya terlihat bersih. 

"Sebenarnya eceng gondok ini punya kemampuan menyerap polutan di air, polusi di air. Ini harus kita manfaatkan, tidak mesti untuk pembersih di sungai pakai zat kimia, bisa juga naturalisasi," ujar Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim saat dikonfirmasi VIVA di Jakarta, Jumat, 30 November 2018. 

Eceng Gondok Tutupi Permukaan Sungai Bengawan Solo Sepanjang 5 KM Dibersihkan Relawan

Sebagai bahan uji coba akan diterapkan di sungai yang dekat dengan Taman BMW Jakarta. Nantinya, di sungai itu akan diisi eceng gondok dan disekat kotak-kotak berukuran panjang sekira enam meter dan lebar dua meter. "Kami lagi proses, mungkin minggu depan kita pasang beberapa kotak di sungai itu," ujarnya. 

Menurut Ali, nantinya seluruh sungai dan danau di daerah itu termasuk Kali Item di Kemayoran Jakarta Utara akan diberi eceng gondok juga. "Kita mau coba di sana (sungai dekat Taman BMW) setelah itu jadi nanti kita bisa coba di semua termasuk Kali Item," ujarnya.

Masyarakat Purwakarta Kini Sulap Eceng Gondok Jadi Rupiah
Rekor MURI pohon Natal raksasa dari eceng gondok di Taman Saloka Semarang

MURI Catat Rekor Pohon Natal Raksasa dari Eceng Gondok di Taman Saloka Theme Park Semarang

Di periode masa liburan Natal dan Tahun Baru kali ini, Saloka Theme Park akan menghadirkan berbagai event dan memecahkan rekor MURI pohon Natal untuk pertama kalinya.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2023