Bau Kali Item Hilang, Warga Minta Tak Hanya saat Asian Games

Penutupan jaring untuk mengurangi bau di Kali Item, dekat Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • REUTERS/Willy Kurniawan

VIVA – Masalah bau Kali Sentiong atau Kali Item di Kemayoran, Jakarta Pusat, menarik perhatian masyarakat, akhir-akhir ini. Sejumlah upaya dilakukan untuk mengurangi aroma tak sedap itu.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebab, kali tersebut berdekatan lokasinya dengan Wisma Atlet yang akan digunakan untuk tempat tinggal para atlet Asian Games 2018.

Upaya yang dilakukan di antaranya pemasangan jaring di Kali Item. Usaha terbaru yaitu menyemprotkan cairan untuk penghilang bau, pada Minggu, 29 Juli 2018.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Usai penyemprotan, bau di kali tersebut pun berkurang. Biasanya, menurut Kepala Rayon DSA Sunter Utara, Supiyan, aroma bau tidak sedap selalu tercium sampai ke dalam Rumah Pompa Sunter. Namun setelah dipasang waring dan disemprotkan cairan, aroma baunya sudah sedikit hilang.

"Cium saja sudah tidak bau kan? Biasanya diam di sini saja sudah kecium bau busuk," ujarnya seraya mengajak VIVA menelusuri kali tersebut, Senin, 30 Juli 2018.

Pantauan VIVA saat di  lokasi, aroma bau sudah tidak tercium. VIVA sempat berbincang dengan beberapa warga sekitar yang melintas di sekitar Kali Sentiong. 

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Di antaranya Rudi (47 tahun). Menurut dia, aroma bau sudah tidak tercium sejak Minggu. "Sebenarnya dari seminggu kemarin sudah tidak tercium bau. Tapi memang beberapa kali suka tercium aroma enggak enak, bikin enek," ujar Rudi di Kawasan Kali Sentiong, Senin, 30 Juli 2018.

Hal senada dikemukakan Fika Rizkiana (23). Menurut dia, aroma bau hilang akibat dari semprotan mikroba yang dilakukan Pemprov DKI pada Minggu, 29 Juli 2018. 

"Sudah tidak bau, beda sama yang dulu. Kemarin saya baca di berita kalau kali disemprot dengan pewangi, mungkin karena itu makanya sekarang bau busuknya hilang," ujar Fika.

Fika berharap pemerintah bukan hanya memperhatikan Kali Sentiong tapi juga aliran kali atau sungai di daerah lain. 

"Alhamdulillah pemerintah perhatian sama lingkungan di sini. Tapi jangan hanya pas menjelang Asian Games saja. Kalau boleh saran, daerah lain juga dibersihkan biar adil dan sama-sama bisa menjaga," kata Fika.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya