Siang Ini, LRT Jakarta Akan Uji Coba Operasi

LRT Jakarta akan diuji coba, Rabu, 15 Agustus 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Uji coba operasional light rail transit (LRT) Jakarta pada Rabu, 15 Agustus 2018, ditunda dari rencana awal pukul 08.00 WIB menjadi 14.00 WIB.

LRT Jabodebek Pasang Jembatan Panjang Terakhir di Dukuh Atas

Pantauan di lokasi, sejumlah persiapan telah dilakukan. Gerbong kereta telah terparkir di Stasiun LRT Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Sejumlah pekerja dari Jakpro dan LRT Jakarta juga telah berkumpul dan melakukan persiapan.

"Uji coba ini ada penjadwalannya, kami akan rilis setelah jam dua nanti. Ini kuatnya untuk berapa kali sehari. Kami masih berproses, untuk dapat sertifikat kami latihan dulu, uji coba dulu. Untuk dapat rekomendasi operasi," kata Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno, di lokasi.

Lengkungan LRT Terpanjang Akan Segera Diuji Coba

Hani mengatakan, ada beberapa poin yang ditentukan untuk dapat melakukan uji coba operasi. Di antaranya adalah fasilitas yang minimal kesiapannya telah mencapai 91 persen.

"Jadi begini, ada tiga hal ketika memang sebuah fasilitas dinyatakan ready. Untuk sampai tahap uji coba operasi ini, untuk operasional cukup sampai 91 persen dan ini sudah sesuai jadwal," kata Hani.

Naik LRT Jakarta Gak Gratis Lagi, Penumpang Harus Bayar Rp5 Ribu

Kesiapan sarana dan prasarana untuk dapat dilakukan uji coba minimal telah rampung 85 persen. Saat ini, sarana dan prasarana LRT seperti eskalator, toilet, dan lainnya sudah siap dan mencapai 85 persen. 

Pada uji coba operasional hari ini, LRT rencananya akan membawa 100 orang. "Hari ini, rencananya dari rekan internal dulu dari Jakpro dan juga tentunya dari Dinas Perhubungan tadi. Itu kurang lebih 100 orang," ujarnya.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran tampak siaga di depan Kantor LRT Jakarta

Tim Gegana Sempat Diturunkan ke TKP Kebakaran Depo LRT Kelapa Gading

Polsek Kelapa Gading memanggil tim Gegana di lokasi. Petugas tidak menemukan adanya bahan peledak.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2021