Video Detik-detik Tersambungnya Jembatan Lengkung Terpanjang di Dunia 

Jembatan Lengkung LRT Jabodebek di Kuningan, Jakarta Selatan.
Sumber :
  • instagram @adhikaryaid

VIVA – PT Adhi Karya Tbk pada Senin 11 November 2019, telah melakukan pengecoran terakhir dari Jembatan Lengkung Bentang Panjang di proyek Pembangunan Prasarana Kereta Api Ringan atau LRT Jabodebek. Jembatan itu terletak di persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Operasional MRT dan LRT Jakarta Diperpanjang Saat Malam Tahun Baru 2024, Ini Jadwalnya

Pengecoran itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. 

Dalam kesempatan ini, Menteri PUPR Basuki dan Menteri Kemenko Maritim Luhut Pandjaitan memberikan apresiasi kepada konsultan desain Jembatan Lengkung Bentang Panjang Kuningan, lulusan ITB, Kereta Api Ringan atau LRT Jabodebek.

Seperti diketahui, pada proses pembangunannya proyek ini bisa dikatakan tidak mudah. Sebab, Jembatan Lengkung Kuningan LRT Jabodebek adalah bentang terpanjang di dunia, memiliki tantangan desain dan proses pengerjaan yang cukup rumit.

Dengan rancangan melengkung, jembatan yang terletak di persimpangan Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Gatot Subroto ini, menggunakan desain vertikal tendon dan radius lengkung yang kecil.

Dikutip dari Instagram @adhikaryaid, pada Selasa 26 November 2019, sebelum merancang jembatan, Adhi Karya melakukan analisis lebih dalam pada Jembatan Kereta Lengkung Bentang Panjang Kuningan. 

Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

Analisis dilakukan untuk mengetahui perilaku struktur jembatan saat terjadi gempa. Jika melihat hasilnya, jembatan ini menunjukkan nilai performa struktur, yaitu keselamatan untuk Bentang Panjang yang aman terhadap gempa.

Adapun desain fondasi jembatan menggunakan kondisi tanah lunak dan menggunakan permodelan 3D untuk menganalisis fondasinya. Kemudian, dalam metode pengecoran, jembatan ini dibangun dengan sistem pengecoran pada masing-masing pier yang seimbang. 

"Maksudnya adalah pengecoran dilakukan dengan seimbang pada tiap sisi, satu sisi kiri dan satu sisi kanan," dikutip dari penjelasannya.

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai Digarap Pakai APBD DKI Rp 5,5 Triliun
>

Kereta LRT Jabodebek Wara-wiri

Tak hanya sampai di situ, selain suksesnya pembangunan jembatan Lengkung, proyek LRT Jabodebek juga terus bersiap untuk operasi. Salah satunya, yaitu mulai wara-wirinya kereta LRT di lintasan Cawang-Cibubur.

Sekarang, enam gerbong kereta LRT Jabodebek Perdana tersebut mulai melakukan uji dinamis di lintasan. Hal itu terlihat viral di sejumlah media sosial seperti yang diunggah di instagram @ariotrihantoro.

Berdasarkan video tersebut, terlihat kereta LRT Jabodebek tersebut menyerupai LRT yang sebelumnya sudah beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan. Hanya saja untuk jumlah rangkaian kereta lebih panjang dan dengan warna yang berbeda.

Adapun saat melakukan uji jalannya terlihat kereta LRT Jabodebek mempunyai kecepatan yang tak jauh berbeda dengan kecepatan kendaraan yang berjalan di sebelahnya. (asp)

>
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya