Pembangunan LRT Velodrome-Manggarai Bakal Dikerjakan Selama 3 Tahun

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta fase 1B rute Velodrome-Manggarai bakal dikerjakan selama 36 bulan atau tiga tahun.

Unik, Pendaftaran Bakal Calon Bupati di Manggarai Serahkan Ayam Jago dan Tuak ke Panitia

Hal tersebut tercatat dalam paket kontrak yang bakal ditandatangani PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan peserta lelang yang terpilih pada pekan ini.

"Terkait pembangunan LRT Velodrome-Manggarai, ditargetkan minggu ini kontrak. Konstruksi akan dilakukan selama 36 bulan," kata Syafrin saat dihubungi, Kamis, 5 Oktober 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Namun, proses groundbreaking atau peletakan batu pertama masih belum dapat dilakukan dalam waktu dekat, karena terdapat beberapa pekerjaan yang harus dilakukan.

LRT Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/ Fajar Ginanjar Mukti
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

"Saat ini sedang dilakukan pemagaran area kerja secara bertahap, sedangkan groundbreaking sedang disiapkan," ucapnya.

Diketahui, proyek Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome-Manggarai siap dibangun. Proyek LRT tersebut menganggarkan dana sekitar Rp5,5 triliun. 

"Dana yang dibutuhkan kurang lebih 5,5 T," ujar VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Syachrial Syarif, saat dihubungi VIVA, Jumat 12 Mei 2023.

Adapun Direktur Utama (Dirut) LRT Jakarta, Hendri Saputra juga mengatakan, nilai investasi pembangunan LRT Jakarta fase 1B dengan rute Velodrome-Manggarai ditargetkan Rp 5,5 triliun. Kemudian, LRT fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome jalur sepanjang 5,8 km menghabiskan Rp 6 triliun.

Dalam konstruksi 1B rute Velodrome-Manggarai akan membangun lima stasiun yaitu Stasiun Pemuda Barat, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman dan Manggarai. LRT Jakarta 1B memiliki jalur sepanjang 6,4 kilometer (km). 

Sementara pada LRT Jakarta fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome jalur yang membentang sepanjang 5,8 km. Fase 1 ini mempunyai 6 stasiun, yakni Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulo Mas, Equestrian dan Velodrome. 

"Jadi dari sekarang ini kita mempunyai enam stasiun di fase 1, nanti di fase 1B kita akan menambah 5 stasiun, yaitu Stasiun Pemuda, Stasiun BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan juga di Manggarai. Panjang trase 6,4 kilometer," ujar Hendri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya