Pemprov DKI Akan Pindahkan Lapangan Tembak Senayan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bersama pihak terkait akan merelokasi lapangan tembak Senayan ke tempat yang baru di DKI Jakarta.

Jokowi Siap Tindaklanjuti Rekomendasi Komnas HAM Soal Laskar FPI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, lokasi lapangan tembak Senayan akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau hutan Kota. Sebab, kewenangan dari Pemprov DKI Jakarta mengatur soal tata ruang di DKI.

"Jadi, satu dari sisi kewenangan Pemprov mengatur soal tata ruang. Dan, di sana peruntukannya ini adalah ruang terbuka hijau dan itu tidak ada perubahan. Jadi, ke depan itu tempat itu harus dipertahankan sebagai tempat ruang terbuka hijau," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 18 Oktober 2018.

Tembak-Menembak di Intan Jaya Papua, TNI Rebut Senjata OPM

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, rencana tersebut masih terus dibahas oleh kementerian dan lembaga terkait. Namun, hal itu sudah hampir final.

Sementara itu, itu rencana lokasi yang akan menjadi tempat relokasi lapangan tembak baru belum diputuskan. Anies mengatakan, Pemprov DKI sangat mendukung relokasi ke tempat baru.

Kasus Penembakan Warga di Makassar, 12 Polisi Disanksi Disiplin

Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI akan membantu memfasilitasi untuk tata ruangnya, sehingga mendapatkan lokasi yang lebih aman dan tidak ada potensi resiko.

"Belum tahu di mana. Saya ketika ketemu pengurus Perbakin DKI, ketika itu mereka mengharapkan ada lahan di Jakarta, tidak lagi di sana," ujarnya.

Anies menerangkan bahwa lapangan tembak merupakan aset milik Sekretariat Negara dan pengelolaannya oleh Pusat Pengelolaan Kompleks Gelanggang Olahraga Bung Karno (PPK GBK), serta peruntukannya oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Status lahannya milik Setneg dikeloala oleh GBK, peruntukannya ditentukan oleh Pemprov," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya